2 Jet Tempur Israel Terbang di atas Beirut dan Langgar Wilayah Udara Lebanon

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 22/Feb/2022 00:01 WIB


BEIRUT (BeritaTrans.com) - Pesawat-pesawat tempur Israel terlihat terbang di atas ibu kota Lebanon, Beirut pada Jumat, menurut sumber-sumber keamanan.

Dua jet Israel, terbang rendah di atas Beirut, melanggar wilayah udara Lebanon, menurut sumber keamanan Lebanon yang berbicara dengan syarat anonim karena pembatasan berbicara kepada media.

Baca Juga:
Cerita KSAL Jajal Jet Tempur F16: Saya Biasa di Laut, di Udara Ternyata Sulit

Baik otoritas Lebanon maupun Hizbullah belum merilis pernyataan resmi mengenai insiden tersebut.

Sebelumnya, televisi Al-Manar milik Hizbullah melaporkan sebuah pernyataan oleh kelompok itu, yang mengatakan bahwa mereka mengirim sebuah drone ke dalam wilayah Israel, berkeliling di area seluas 70 kilometer selama 40 menit.

Baca Juga:
Amerika Setuju Jual 36 F-15 Senilai Rp200 Triliun ke Indonesia

Sebelumnya, tentara Israel mengatakan telah gagal mencegat pesawat tanpa awak yang diterbangkan dari Lebanon dan melanggar wilayah udara negara itu.

"Jelas dari penyelidikan awal bahwa hari ini, sebuah pesawat tak berawak nirkabel kecil terlihat di dalam Lebanon, terbang menuju wilayah Israel," kata juru bicara militer Avichay Adraee di Twitter.

Baca Juga:
Indonesia Borong 42 Pesawat Tempur Rafale dari Prancis

Lebanon berselisih dengan Israel atas wilayah di Laut Mediterania yang membentang sekitar 860 km persegi, yang dikenal sebagai Zona No. 9, yang kaya akan minyak dan gas.

Lebanon dan Israel baru-baru ini saling menuduh melakukan pelanggaran wilayah darat, udara dan laut.