Menparekraf Kick Off Program Workshop KaTa Kreatif di Lombok Tengah

  • Oleh : Naomy

Selasa, 22/Feb/2022 11:04 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno bersama pelaku ekraf Lombok Tengah Menparekraf Sandiaga Uno bersama pelaku ekraf Lombok Tengah


LOMBOK TENGAH (BeritaTrans.com) -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kick off program Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Kantor Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (21/2/2022).

Ini sekaligus sebagai tanda dimulainya program KaTa Kreatif yang akan dilangsungkan di 35 kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Baca Juga:
Menparekraf Sebut "Sumarak Ramadhan 2024" Perkuat Ekosistem Pariwisata Halal di Sumbar

Program KaTa Kreatif merupakan salah satu dari tiga program unggulan Kemenparekraf/Baparekraf, yakni Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), dan KaTa Kreatif, yang diharapkan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

"Melalui program ini, Kemenparekraf terus berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan, mengelola, dan mengonversi kreativitas serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya untuk mengembangkan potensi lokal," tutur Sandiaga. 

Baca Juga:
Kemenparekraf Bersama KAI dan Astindo Hadirkan "Bundling Paket Wisata Kereta Api"

Pada tahun 2021, Kemenparekraf sendiri telah melakukan pemetaan potensi dan mengidentifikasi subsektor ekonomi kreatif unggulan di Lombok Tengah, melalui program Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).

Hasil dari Uji Petik PMK3I yakni subsektor kriya terpilih sebagai subsektor unggulan di Kabupaten Lombok Tengah. 

Baca Juga:
Menparekraf Apresiasi Pengembangan Wisata Mangrove Pangkal Babu Jambi

Lantaran produk kreatif tenun ini tidak hanya terkenal di pasar nasional saja, bahkan hingga di kancah internasional. 

Selain itu juga ada gerabah, batik, serta anyaman, perak, dan furniture. Kemudian, subsektor seni pertunjukan dan kuliner menjadi subsektor potensial.

"Hari ini kita kick off KaTa Kreatif yang akan diselenggarakan di 35 kabupaten/kota kreatif, di Indonesia. Kita memilih Lombok Tengah sebagai awal dari perjalanan kita untuk tahun ini, karena Lombok Tengah menjadi simbol kebangkitan dengan adanya perhelatan MotoGP," kata Menparekraf.

Melalui program KaTa Kreatif, harapannya pelaku UMKM lebih termotivasi dan bersemangat dalam menghasilkan produk kreatif terutama kriya yang menjadi andalan agar lebih berkualitas dan unggul. 

Dengan begitu tidak hanya berdampak positif bagi perkembangan ekonomi, tapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan masayarakat. 

Dalam kesempatan itu, Menparekraf menitipkan pesan kepada pemerintah daerah setempat serta unsur pentahelix dan juga pelaku UMKM, untuk berkolaborasi dalam membangkitkan ekonomi, membuka lapangan kerja, dan memberikan fasilitasi kepada UMKM agar pendapatannya meningkat.

"Saya titip pesan, mari kita sama-sama membangkitkan ekonomi kita, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, dan ketiga untuk jajaran pemerintah mari kita bantu UMKM tingkatkan omzet, khususnya dengan adanya perhelatan MotoGP dan event internasional lainnya," ujarnya. (omy)