Antisipasi Lonjakan Penonton MotoGP Mandalika, Kemenhub Siagakan 6 Fastboad Rute Padangbai-Lombok

  • Oleh : Naomy

Rabu, 23/Feb/2022 15:27 WIB
Fasyboat di Pelabuhan Padangbai Fasyboat di Pelabuhan Padangbai


PADANGBAI (BeritaTrans.com) -  Penumpang di pelabuhan Padangbai mulai mengalami peningkatan menjelang perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika yang akan digelar 18 - 20 Maret mendatang.

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang dengan mensiagakan sejumlah fastboat dengan rute pulang pergi dari Padangbai menuju Lombok.

Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem Bali merupakan salah satu pintu masuk menuju Lombok- NTB.

Kepala KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan, hal ini merupakan bentuk dukungan transportasi laut untuk mensukseskan perhelatan MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika.

"Selain menggunakan kapal ferry, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat pelaksanaan MotoGP itu kami mensiagakan sebanyak enam fastboat untuk keberangkatan rute Padangbai-Lombok," ujarnya, Rabu (23/2/2022).

KSOP Padangbai saat ini menyiapkan enam kapal ferry untuk mengangkut kendaraan penumpang menuju Pelabuhan Lembar. 

Jika nantinya terjadi pelonjakan penumpang pihaknya juga akan melakukan penambahan trip keberangkatan dan mengoperasikan enam fastboat tersebut.

Enam fastboat tersebut adalah Eka Jaya 25 dan Eka Jaya 26 masing-masing berkapasitas 210 orang, Golden Queen berkapasitas 98 orang, Ostina 3 berkapasitas 118 orang, Marina Srikandi 02 berkapasitas 72 orang, dan Grand Tanis Lembongan Express berkapasitas 156 orang.

Dia mengungkapkan, saat ini sudah mulai banyak penumpang wisatawan asing yang naik dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, Lombok.

"Dari enam fastboat tersebut dua di antaranya sudah menyatakan menerima booking penumpang yaitu Tanis Lembongan Express dan Ostina 3," ungkapnya.

Fastboat memakan waktu tempuh yang lebih singkat dibanding kapal ferry yakni sekitar satu jam, sehingga banyak penumpang yang dipastikan akan antusias.

Penumpang diprediksi akan mengalami lonjakan untuk fastboat sekitar tiga hari menjelang berlangsungnya MotoGP. 

"Fastboat saat ini beroperasi secara bergantian, nanti begitu ada pelonjakan, mereka siap melakukan ekstra trip," ujarnya.

Dia berharap, adanya gelaran MotoGP Mandalika ini akan kembali meningkatkan geliat ekonomi di Pelabuhan Padangbai yang selama ini menurun akibat adanya Pandemi Covid-19.

"Kita berharap nantinya akan terjadi
peningkatan penumpang, supaya bisa kembali beroperasi secara normal. Dengan sendirinya tentunya
menambah operasional yang selama ini agak berkurang," pungkas dia. (omy)