Misterius! Ada Simbol Z di Mesin Perang Rusia

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 23/Feb/2022 18:01 WIB


MOSKOW (BeritaTrnans.com)  - Konsentrasi kendaraan militer Rusia di perbatasan Ukraina sudah begitu nyata, terutama di wilayah Donbas Timur.

Mesin-mesin perang Rusia yang sudah berada di garis depan disematkan simbol misterius dan tampaknya menyimpan arti yang bersifat rahasia.

Baca Juga:
Setelah Pidato di Singapura Terkait Perdamaian, Menhan Prabowo Terima Kunjungan Dubes Ukraina: Menurut Informasi Selang 5 Jam Kedubes Rusia Menyusul

Simbol misterius yang disematkan pada peralatan militer Rusia ini menggunakan cat putih bertuliskan huruf Latin 'Z' di dalam kotak persegi atau segitiga. Ada juga yang ditulis dalam lingkaran yang lebih sederhana.

Sebagian besar tank, artileri, peluncur roket, kendaraan suplai, dan truk bahan bakar, semuanya telah dicatat dengan tanda-tanda ini.

Baca Juga:
Menhan Prabowo Beberkan 4 Pelajaran Penting dari Perang Rusia-Ukraina

Sejauh ini, dari foto dan video yang muncul di media sosial menunjukkan berbagai simbol ‘Z’ yang berbeda.

 

Baca Juga:
Rusia Tuduh Pasukannya Diracuni Botulinum Oleh Ukraina

Misal pada artileri self-propelled dan sistem roket multipel di sekitar Belgorod, sekitar 25 mil dari perbatasan Ukraina, memakai simbol 'Z' dalam tanda segitiga putih.

Ditemukan juga simbol 'Z' dalam lingkaran putih pada artileri self-propelled di dekat Belgorod. Ada yang cukup unik, unit tank T-90 menggunakan simbol 'Z' dalam segitiga menggunakan cat warna merah.

Perbedaan ini tampaknya menandakan status yang lebih istimewa sebagai pengawal khusus dalam pertempuran.

Dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, Rabu (23/2/2022), simbol ini tampaknya digunakan untuk identifikasi cepat di dalam dan sekitar medan perang.

Sudah ada beberapa hipotesis lain tentang arti sebenarnya dari tanda-tanda yang berbeda ini.

Menurut salah satu akun di jaringan media sosial Telegram Rusia, simbol dengan huruf 'Z' digunakan pada kendaraan yang menuju Kharkiv.

Tanda segitiga untuk unit yang menuju Slavyansk dan Kramatorsk, sedangkan lingkaran digunakan untuk kendaraan milik cadangan seluler.

Tidak ada konfirmasi resmi tentang simbol misterius ini, sebab dalam perang semua penggunaan kode sangat dirahasiakan. Bisa juga penggunaan tanda yang berbeda, menunjukkan semacam kodifikasi.

Mengingat Rusia dan Ukraina banyak mengoperasikan kendaraan militer yang sama dan nyaris serupa, simbol misterius ini bisa jadi semacam tanda identifikasi teman atau musuh (identification friend or foe /IFF). Jadi ini untuk mengurangi risiko kasus “friendly fire”.

Ada juga beberapa teori lain yang beredar di media sosial, meskipun ini juga spekulatif. Ada anggapan bahwa simbol 'Z' mengacu pada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, atau bahkan politisi ultranasionalis Rusia Vladimir Zhirinovsky.

Penjelasan lain yang tampaknya lebih fantastis menunjukkan 'Z' sebagai huruf terakhir dari alfabet Latin, menunjukkan 'permainan akhir' atau 'tujuan akhir' bagi pasukan Rusia yang terlibat dalam konflik ini. Apa pun arti dari simbol-simbol misterius ini, untuk saat ini, setidaknya, masih bersifat spekulatif.

Namun, kemunculannya dan penggunaan simbol misterius yang tiba-tiba pada berbagai kendaraan militer tampaknya menunjukkan potensi perkembangan baru yang lebih besar. Ini mengindikasikan penandaan yang diterapkan secara tergesa-gesa sebagai bukti potensi ada eskalasi dalam intervensi Rusia di Ukraina.


 

Tags :