Gerakan Nasional BBI dan BWI Dipusatkan di Sulsel

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 25/Feb/2022 10:08 WIB
Peluncuran Getnas BBI dan WBI Peluncuran Getnas BBI dan WBI

MAKASSAR (BeritaTrans com) - Gerakan Nasional (Gernas) BBI dan BWI 2022 membawa semangat Pinisi: “Recover Together, Recover Stronger” 
25 Februari 2022. 

Tahun 2022 menjadi tahun yang spesial untuk Provinsi Sulawesi Selatan, karena terpilih menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia) dan Gernas BWI (Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja).

Baca Juga:
BNI dan Undip Sinergi Perkuat Ekosistem Keuangan Kampus

Bank Indonesia ditunjuk menjadi Movement Manager dan mengangkat tema “Semangat Pinisi: Perkuat Inisiasi Nyata melalui Inovasi dan Sinergi untuk Pemulihan Ekonomi”.

Momen penyelenggaraan Gernas BBI dan BWI di Sulsel ini jadi semakin istimewa, karena di tahun 2022 bersamaan dengan Presidensi G20 Indonesia. 

Baca Juga:
BNI Java Jazz Festival 2024 Dinilai Mampu Dorong Pencapaian Target Kunjungan Wisman dan Wisnus

Digelar secara daring, opening ceremony rangkaian kegiatan Gernas BBI dan BWI 2022 ini digelar mulai pukul 11.00 WITA. 

Acara dihadiri Plt Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Ketua Komisi XI DPR-RI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, dan beberapa pejabat kementerian/lembaga dan Bank Indonesia. 

Baca Juga:
Komitmen Kembangkan Bisnis UMKM, FIFGROUP dan UNPAR Luncurkan Program SCORE FLS

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan mendorong UMKM Indonesia untuk lebih maju ke depan. 

Salah satunya lewat pembelanjaan pemerintah melalui e-Katalog yang berisi daftar produk Indonesia.

“Dalam setahun, kami hitung-hitung ada Rp400 Triliun yang dibelanjakan negara. Nantinya akan kami dorong untuk berbelanja melalui e-Katalog yang berisi daftar produk Indonesia," ungkap Luhut. 

Tentunya di dalamnya ada UMKM Indonesia. Hal ini pasti akan berdampak pada kemajuan ekonomi Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dalam sambutannya juga mengingatkan bahwa BBI/BWI bukan hanya tentang UMKM, tapi juga pariwisata. 

“Kita harus bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia. Tapi, bukan hanya bangga. Harus beli juga buatan UMKM dan  berwisata di indonesia saja,” kata Sandi.

Untuk itulah Gernas BBI yang dicanangkan Presiden Joko Widodo Mei 2020, diselaraskan dengan Gernas BWI. 

Gernas BBI ini juga melibatkan berbagai kementerian/Lembaga (K/L), termasuk Kementerian Kominfo yang terus mendorong percepatan transformasi digital UMKM, dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan digital di seluruh pelosok tanah air.

Dalam mendukung Gernas BBI dan BWI, selain menghadirkan penguatan sinyal 4G di 10 destinasi pariwisata superprioritas serta daerah 3T, Kemkominfo juga telah meluncurkan Aplikasi Jaringan Pariwisata Hub (JPHub) sebagai aplikasi tunggal untuk integrasi destinasi pariwisata dan UMKM serta Ultra Mikro (Umi) Indonesia. 

Juga melakukan pendampingan terhadap UMKM dan Ultramikro, kelompok sadar wisata dan desa-desa wisata guna memaksimalkan peluang dari teknologi digital.

Dalam acara tersebut, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, yang didaulat sebagai keynote speaker, menegaskan bahwa sinergi, kolaborasi dan kerja sama diperlukan untuk memajukan UMKM dan sejalan dengan tema besar presidensi G20 Tahun 2022, inklusi ekonomi dan keuangan UMKM adalah salah satu agenda prioritas yang diperjuangkan Indonesia dalam Forum G20. 

"Upaya-upaya digitalisasi dari UMKM amat diperlukan, termasuk sistem pembayaran," tuturnya.

Hal ini salah satunya telah diwujudkan dalam capaian 14 juta merchant pada tahun 2021 yang telah didigitalisasi melalui implementasi QRIS, termasuk di dalamnya 98 persen merchant UMKM.

Melalui Gernas BBI dan BWI, masyarakat Indonesia diharapkan semakin mencintai dan bangga dalam menggunakan berbagai produk dan karya anak bangsa, utamanya yang berasal dari UMKM lokal di tengah kondisi pandemi Covid-19. (omy)