9 Pesawat China Terobos Zona Pertahanan Udara Taiwan

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 25/Feb/2022 17:00 WIB
Ilustrasi pesawat tempur. Foto: istimewa. Ilustrasi pesawat tempur. Foto: istimewa.

TAIPEI (BeritaTrans.com) - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan setidaknya 9 pesawat China memasuki zona pertahanan udaranya pada Kamis (24/2/2022), membuat angkatan udara negara itu segera mengeluarkan peringatan.

Insiden ini terjadi pada hari yang sama ketika Rusia menginvasi Ukraina, sebuah krisis yang diawasi dengan ketat oleh Taipei. Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri, telah mengeluhkan misi reguler seperti itu oleh angkatan udara China selama dua tahun terakhir, meskipun pesawat itu sendiri tidak mendekati Taiwan.

Baca Juga:
Dubes China Kunjungi Bakamla Bahas Proyeksi Peningkatan Kerja Sama

Jumlah pesawat yang terlibat jauh lebih sedikit dari serangan skala besar terakhir, 39 pesawat China pada 23 Januari, dan sejak itu, fly-by semacam itu terjadi secara sporadis dengan pesawat yang jauh lebih sedikit.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan misi terbaru melibatkan delapan jet tempur J-16 China dan satu pesawat pengintai Y-8, yang terbang di atas area di timur laut Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan di ujung atas Laut China Selatan.

Baca Juga:
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Bertemu Menhan China di Xi`an, Bicara Penguatan Kerja Sama Pertahanan

"Jet-jet tempur Taiwan dikirim untuk memperingatkan pesawat China dan rudal pertahanan udara dikerahkan untuk memantau kegiatan," kata Kementerian Pertahanan Taiwan, menggunakan kata-kata standar untuk menggambarkan bagaimana respons Taipei seperti dilansir dari Reuters.

Taiwan telah dengan hati-hati mengamati krisis Ukraina, khawatir bahwa China mungkin mencoba mengambil keuntungan untuk menyerang pulau itu.

Baca Juga:
66 Pesawat Tempur dan 14 Kapal Perang China Masuki Kawasan Taiwan

Sementara Taipei belum melaporkan adanya gerakan yang tidak biasa oleh pasukan China, pemerintahnya telah meningkatkan tingkat kewaspadaan.

China tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya, dan secara rutin mengutuk penjualan senjata Amerika Serikat (AS) atau pertunjukan dukungan lainnya dari Washington.

Sebelumnya pada hari yang sama, berbicara di Beijing ketika ditanya tentang strategi baru Indo-Pasifik AS, juru bicara Kementerian Pertahanan China Tan Kefei menegaskan kembali bahwa Taiwan adalah "masalah inti" China dan tidak akan mentolerir campur tangan asing.

"Kami mendesak pihak AS untuk mengakui sensitivitas tinggi dari masalah Taiwan, berhenti mencampuri urusan dalam negeri China dan berhenti bermain api dalam masalah Taiwan," seru Tan.

Dalam ikhtisar strategi Indo-Pasifik 12 halaman yang dikeluarkan awal bulan ini, pemerintahan Biden berjanji untuk memberikan lebih banyak sumber daya diplomatik dan keamanan ke kawasan itu.

Di Taiwan, Washington akan bekerja dengan mitra di dalam dan di luar kawasan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di selat yang memisahkan pulau itu dari China. (dn/sumber: sindonews.com)