Vladimir Putin Minta Tentara Ukraina Gulingkan Pemerintahnya Sendiri

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 26/Feb/2022 03:55 WIB
Foto:istimewa/AFP Foto:istimewa/AFP

RUSIA (BeritaTrans.com) - Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan agar militer Ukraina merebut kekuasaan dari pemerintahan Presiden Volodymyr Zelensky dalam pidato di depan Dewan Keamanan Rusia yang disiarkan Jumat (25/2/2022).

Dia menyebut bahwa kelompok Banderites – merujuk pada pejuang Stepan Bandera yang anti Uni Soviet di era Perang Dunia II – dan kelompok neo-Nazi telah memasang sistem persenjataan berat dan peluncur roket di berbagai kota Ukraina seperti Kiev dan Kharkiv.

Baca Juga:
Kapal Diserang Drone Houthi, AS Balas Bombardir Yaman

"Mereka bertindak seperti teroris di seluruh dunia, bersembunyi di balik masyarakat agar bisa menuduh Rusia sebagai penyebab kematian di tengah populasi yang damai,” kata Putin.

"Sudah pasti bahwa ini semua terjadi berdasarkan rekomendasi para konsultan asing, terutama para penasihat dari Amerika," tuduhnya.

Baca Juga:
Berani! Houthi Yaman Balas Serang Balik Kapal Perang AS

Setelah itu, dia menyampaikan pesan kepada Angkatan Bersenjata Ukraina.

"Saya sampaikan kepada para prajurit Angkatan Bersenjata Ukraina sekali lagi: jangan biarkan neo-Nazi dan Banderites memanfaatkan anak-anak kalian, istsi-istri kalian, dan juga para manula sebagai tameng manusia,” kata Putin.

Baca Juga:
Amerika dan Inggris Mulai Serang Bandara Internasional Yaman

"Rebutlah kekuasaan ke tangan Anda sendiri. Tampaknya Anda dan kami akan lebih mudah mencapai kesepakatan daripada gang para pecandu narkoba dan neo-Nazi di Kiev,” imbuhnya.

Kremlin kerap menggunakan narasi neo-Nazi untuk menyerang pemerintah Ukraina, dan tuduhan seperti ini sudah berulang kali dibantah Presiden Zelensky, yang merupakan keturunan Yahudi dan mantan bintang komedi.(amt/sumber:beritasatu.com)