INSA dan Pengamat Sanjung Peran Strategis KPLP: Tepat Jadi Garda Terdepan Coast Guard Indonesia

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 26/Feb/2022 12:47 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kalangan pelaku usaha dan pengamat pelayaran menyanjung peran strategis Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan Pangkalan PLP.

Pujian itu datang dari Ketua Umum DPP DPP Indonesian National Shipowners' Association (INSA)  Carmelita Hartoto, Pengamat Maritim Laksda TNI (Purn) Soleman B Pontoh, serta Direktur Eksekutif DPP ALFI Budi Wiyono, Dantu (26/2/2022).

Baca Juga:
PPLP Tanjung Priok Meriahkan HUT Ke-51 KPLP dan HUT Ke-36 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai

"Pertama-tama kami ucapkan dirgahayu ke-49 KPLP dan pangkalan ke-34 PLP," ujar Ketua DPP DPP Indonesian National Shipowners' Association (INSA)  Carmelita Hartoto.

Menurutnya, walaupun dalam beberapa operasi di lapangan dilihat sudah menunjukkan perannya, namun dirasakan masih terlalu sedikit dibandingkan dengan banyaknya kemungkinan gangguan keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia yang luas ini.

Baca Juga:
Peringatan HUT KPLP dan PPLP, Dirjen Hubla: Jaga Komitmen Demi Negara dan Bangsa, Kedepankan Profesionalisme dalam Bertugas!

"Seolah tenggelam dengan peran-peran lembaga lain yang secara Undang-Undang juga berhak dan bertanggungjawab atas keselamatan dan keamanan perairan nasional," ungkapnya.

Untuk itu pihaknya berharap, agar KPLP bisa berperan lebih aktif lagi. Menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga yang mengerti hukum laut nasional dan internasional.

Baca Juga:
Dihadiri Menhub, PPLP Kelas 1 Tanjung Priok Berpartisipasi dalam Raker DJPL Tahun 2024

Selain itu juga dapat mampu lebih maju lagi tampil menjaga laut dan pantai nusantara.

"Selain harapan kami tersebut di atas, kami menyarankan agar KPLP dan Pangkalan PLP melakukan konsolidasi ke dalam secara solid, bertindak profesional dan penuh integritas untuk menunjukkan kelasnya sebagai lembaga yang mengayomi dan menjadi andalan para pelaku usaha di laut dan pantai," ucap dia.
 
Selain itu juga agar terus menghindari perilaku tidak terpuji dan sigap memberikan bantuan pada setiap insiden.

INSA ditambahkan Carmelita, juga berharap agar KPLP mampu melakukan pencegahan tindakan kriminal di laut dan pantai.

Garda Terdepan Coast Guard

Pengamat Maritim Laksda TNI (Purn) Soleman B Pontoh menegaskan agar Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan terus menjalankan tugas sesuai dengan Undang Undang 17/2008.

Selama ini menurutnya, personel KPLP telah menjalankan semua tugas sesuai tupoksinya dan ini yang perlu dipertahankan.

"Sesungguhnya KPLP ini sudah ada sejak tahun 1939 namun berganti-ganti nama dan akhirnya pada tahun 1973 menjadi KPLP dan usianya jadi baru 49, padahal sudah tua," katanya.

Tugasnya pun sejak zaman tersebut hingga kini tetap sama dan akan terus begitu fungsinya.

Ada tiga hal penting dalam menjalankan Undang Undang yang menjadi tugas utama KPLP.

Pertama menjaga keamanan pelayaran, menjaga laut Indonesia, ketiga menjaga lingkungan maritim.

Dalam kesempatan itu Soleman juga menyoroti sumber daya manusia (SDM) KPLP yang berperan penting menjaga laut dan pantai.

"Tetaplah bertugas dengan baik demi keamanan laut dan pantai," ungkapnya.

Dengan begitu besarnya peran KPLP dan usia yang tak lagi muda, dituturkannya sangat tepat menjadi garda terdepan memimpin Coast Guard Indonesia.

ALFI: KPLP Bikin Perairan Indonesia Sangat Aman

 Direktur Eksekutif DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia  (ALFI) Budi Wiyono Kinerja KPLP selama 10 tahun terakhir sangat baik, hal ini dapat dilihat dari rendahnya laporan kasus pencurian di kapal saat berlabuh maupun pembajakan kapal di laut maupun perairan pantai saat berlabuh.

Padahal 10 -15 tahun lalu perairan Indonesia sempat dikategorikan black area karena rawan pembajakan.

"Alhamdulillah, kini perariran Indonesia sangat aman. Semoga kondisi ini berlangsung terus. Maka ALFI sangat apresiasi kinerja KPLP," ungkapnya. (omy/awe).