Inka Siapkan 4 Kereta untuk Pusat Wisata Kuliner di Bogowonto Madiun

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 27/Feb/2022 08:52 WIB
Jalur kereta di Jalan Bogowonto, Kota Madiun, yang akan digunakan sebagai pusat kuliner. (Foto:Istimewa) Jalur kereta di Jalan Bogowonto, Kota Madiun, yang akan digunakan sebagai pusat kuliner. (Foto:Istimewa)

MADIUN (BeritaTrans.com) - PT Industri Kereta Api (Inka) akan menyiapkan empat kereta untuk pusat kuliner kereta di Jalan Bogowonto, Kota Madiun. Empat kereta yang disediakan itu terdiri dari satu kereta eksekutif dan tiga kereta flat car. 

Direktur Pengembangan PT Inka, Agung Sedaju, mengatakan pusat kuliner yang memanfaatkan kereta di Jalan Bogowonto Madiun akan menggunakan empat kereta dan satu lokomotif. Untuk lokomotif dari PG Redjo Agung. 

Baca Juga:
KA Taksaka Gunakan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation Mulai 18 Januari 2024

“Kami menyediakan empat kereta. Satu kereta eksekutif yang dari stainles steel dan tiga kereta flat car. Untuk yang tiga kereta ini nanti kan bisa dinaiki kontainer,” kata dia saat meninjau lokasi pembangunan pusat kuliner kereta di Jalan Bogowonto, Kota Madiun, Jumat (25/2/2022). 

Agung menyampaikan pengelolaan pusat kuliner di kereta ini memang dilakukan dengan pola bagi hasil. Sehingga nantinya, pelaku UMKM yang berjualan di pusat kuliner tersebut tidak terbebani uang sewa. 

Baca Juga:
Jadi Moda Transportasi saat Liburan, Kereta Whoosh Dongkrak Kunjungan Wisata di Bandung

“Kalau polanya sewa kan kasihan. Makanya nanti skemanya bagi hasil. Sehingga nanti pelaku UMKM itu tidak terbebani uang sewa,” kata Agung. 

Melalui skema bagi hasil, lanjut Agung, nantinya PT Inka akan mendapatkan hasil ketika ada keuntungan dari kegiatan usaha tersebut. Tetapi, ketika keuntungannya kecil atau belum ada keuntungan, pelaku UMKM itu tidak perlu risau. 

Baca Juga:
KAI Wisata Tambah 4 Kereta Panoramic Baru dengan Jalur Berbeda dari yang Sudah Ada

“Tujuan utamanya kan untuk kemaslahatan masyarakat kecil. Makanya kita sepakat dengan skema bagi hasil,” ujar dia. 

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun bekerja sama dengan PT KAI dan PT Inka untuk membangun pusat kuliner kereta api di jalur lawas kereta yang sudah tidak lagi terpakai di Jalan Bogowonto. Maidi mengatakan jalur kereta tersebut merupakan lahan milik PT KAI. Sedangkan untuk kereta api yang digunakan sebagai pusat kuliner milik PT Inka. 

Pemkot tidak mungkin membeli kereta api untuk penyediaan pusat kuliner dengan konsep tersebut. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan PT Inka yang mempunyai gerbong. Menurutnya, kerja sama tiga pihak ini tentu tidak bisa dilakukan daerah lain. Diharapkan kerja sama ini memberikan dampak positif kepada masyarakat. 

Wali Kota Madiun menambahkan nantinya Jalan Bogowonto yang menjadi pusat kuliner dengan konsep di dalam kereta itu akan ditutup. Hal itu dikarenakan konsep pusat kuliner di kereta ini juga bakal memanfaatkan jalan tersebut. Tujuannya supaya pengunjung lebih nyaman dan betah berada di situ.(fh/sumber:solopos)