Layanan KRL Beroperasi Normal Selama Libur Isra Miraj, Penumpang Harus Perhatikan Ini!

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 27/Feb/2022 21:01 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bertepatan dengan hari libur nasional yaitu peringatan Isra Miraj pada Senin (28/2/2022) atau memasuki libur panjang, KAI Commuter tetap melayani penumpang secara normal dengan protokol kesehatan ketat sebagaimana yang berlaku saat ini. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL Jabodetabek per hari yang dimulai pukul 04.00-22.00 WIB. Seluruh aturan dan protokol kesehatan juga tetap wajib diikuti seluruh pengguna. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Pengguna yang hendak memasuki area stasiun wajib menunjukkan sertifikat vaksin, mengikuti pengukuran suhu tubuh, dan menggunakan masker ganda," ujar Anne pada keterangan resminya, Ahad.

Dikatakannnya juga, penumpang juga diimbau mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL dengan memanfaatkan wastafel tambahan yang tersedia di seluruh stasiun. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Anne mengatakan, petugas senantiasa melakukan penyekatan di stasiun dan KRL apabila kondisi stasiun dan KRL sudah memenuhi kuota. Selain itu, pengguna diimbau juga untuk mengikuti marka yang telah disediakan. 

"Untuk memaksimalkan protokol kesehatan, KAI Commuter juga terus berupaya menambah jumlah rangkaian KRL dengan formasi 12 kereta (SF 12) yang beroperasi," kata Anne. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Sebagaimana, mulai Sabtu (26/2/2022) lalu, satu rangkaian KRL SF 12 telah diuji coba untuk mulai melayani pengguna di Loop Line (Bogor - Jatinegara PP) yang sebelumnya hanya dilayani kereta SF 8 dan SF 10. Uji coba pengoperasian tersebut akan tetap berlangsung pada libur Isra Miraj ini. 

Menurut Anne, volume pengguna KRL dihari kerja pekan keempat Februari menunjukkan tren peningkatan dibanding pekan sebelumnya. Sepanjang hari kerja pekan keempat tercatat rata-rata volume pengguna KRL Jabodetabek sebanyak 413.577 pengguna per hari. Sementara pekan sebelumnya tercatat rata-rata 384.897 pengguna KRL. 

Anne juga mengingatkan, memasuki beberapa hari terakhir di wilayah Jabodetabek turun hujan, dia mengimbau kepada penumpanf untuk membawa payung, jas hujan, dan tidak menggunakan alas kaki yang licin. Petugas kebersihan selalu siaga membersihkan stasiun dan KRL apabila terdapat genangan air dan lantai yang licin. 

Bagi penumpang yang masih harus beraktivitas, dapat memanfaatkan KRL pada akhir pekan ini atau saat libur nasional esok untuk kembali ke wilayahnya tempat aktivitasnya. 

Penumpang saat ini diimbau untuk menghibdari antrean atau beriteraksi terlalu sering terutama untuk menggubakan tiket harian. 

"Gunakan aplikasi KRL Access untuk merencanakan perjalanan dengan KRL agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di KRL. Gunakan juga Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik bank untuk mengurangi penggunaan uang tunai dan mendukung upaya pemerintah dalam penerapan cashless society," pungkas Anne.(fhm)