Rusia Kerahkan Konvoi Militer Besar Sepanjang 60 Km untuk Serang Kiev Ukraina

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 01/Mar/2022 13:20 WIB
foto:istimewa/Foto dari satelit Maxar Technologies memperlihatkan ujung depan konvoi militer besar-besaran Rusia di tenggara Ivankiv, barat laut Kiev, Ukraina, Senin (28/2/2022).(MAXAR TECHNOLOGIES via AP) foto:istimewa/Foto dari satelit Maxar Technologies memperlihatkan ujung depan konvoi militer besar-besaran Rusia di tenggara Ivankiv, barat laut Kiev, Ukraina, Senin (28/2/2022).(MAXAR TECHNOLOGIES via AP)

UKRAINA (BeritaTrans.com) - Pantauan satelit memperlihatkan konvoi militer besar-besaran sepanjang 40 mil (64 km) dikerahkan Rusia di utara ibu kota Ukraina, Kiev, Senin (28/2/2022). Kiev sebelumnya telah memukul mundur beberapa serangan Rusia.

Foto-foto satelit dari Maxar yang berbasis di Amerika Serikat (AS) menunjukkan, konvoi militer Rusia yang berkumpul sejak Minggu (27/2/2022) itu memanjang hingga lebih dari 60 kilometer. 

Baca Juga:
Menhan Prabowo Beberkan 4 Pelajaran Penting dari Perang Rusia-Ukraina

Dikatakan oleh Maxar, konvoi itu menutupi seluruh bentangan jalan dari dekat bandara Antonov sekitar 18 mil (29 km) dari Kiev, ke kota Prybirsk yang jaraknya sekitar 40 mil. Dikutip dari AFP, Maxar lebih lanjut mengatakan, "Di sepanjang bagian rute, beberapa kendaraan berjarak cukup jauh sementara di bagian lain peralatan dan unit militer melaju dua atau tiga kendaraan sejajar di jalan." 

"Sejumlah rumah dan bangunan terlihat terbakar di utara dan barat laut Ivankiv, dekat jalan yang dilalui konvoi," tambahnya. Menurut Maxar, satelitnya juga menangkap gambar penempatan pasukan darat tambahan dan unit helikopter serangan darat di Belarus selatan, kurang dari 20 mil (32 km) di utara perbatasan dengan Ukraina. 

Baca Juga:
Pilot Rusia yang Tertangkap di Ukraina: Kami Sudah Kalah Perang

Sejak dimulainya invasi Rusia pada Kamis (24/2/2022), pasukan Ukraina berhasil mempertahankan jalan menuju pusat Kiev dari serangan pasukan Moskwa yang berkumpul di sekitar ibu kota itu. Menurut dua sumber yang diwawancarai oleh AFP pada Senin (28/2/2022), yaitu satu diplomat dan satu pejabat keamanan, Moskwa sedang bersiap meluncurkan serangan militer baru dalam waktu dekat. 

Halaman resmi Staf Umum Angkatan Darat Ukraina di Facebook mengatakan, pasukan Rusia berkumpul selama 24 jam terakhir dan mengerahkan kendaraan lapis baja serta senjata artileri untuk mengepung dan menguasai Kiev juga kota-kota besar lainnya di Ukraina. AS berkata, upaya utama Moskwa tetap mencoba masuk ke Kiev, tetapi melambat pada hari kelima invasi Rusia ke Ukraina. 

Baca Juga:
Pesawat Angkut Rusia Jatuh di Dekat Ukraina, Semua Awak Tewas

Pada Senin, iring-iringan utama Rusia yang menuju ibu kota Ukraina maju sekitar tiga mil (4,8 km) dan tinggal berjarak sekitar 18 mil (29 km) dari Kiev, kata seorang pejabat senior pertahanan AS.(amt/sumber:kompas.com)