100 Tukik Belimbing Dilepasliarkan ke Laut Aceh Upaya Jaga Biota Laut

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 03/Mar/2022 03:21 WIB
foto:istimewa/antara foto:istimewa/antara

Banda Aceh (BeritaTrans.com) - Sebanyak 100 ekor anak penyu jenis belimbing atau tukik dilepasliarkan ke laut di kawasan Pantai Joel's Bungalow, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, dalam upaya dalam melestarikan dan menjaga keseimbangan ekosistem laut.

"Pelepasan tukik ini kita lakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan biota laut," kata Pemilik Joel’s Bungalow Zulfitri usai melepas tukik belimbing di Aceh Besar, Rabu.

Baca Juga:
Komitmen Keberlanjutan FIFGROUP di Hutan Mangrove Terluas se-Asia Tenggara

Zulfitri menjelaskan tukik yang dilepasliarkan tersebut merupakan hasil penangkaran yang dilakukan di kawasan tempat usahanya, Pantai Lhoknga. 

Setelah menetas anak penyu itu langsung dilepaskan ke laut sebagai habitat.

Baca Juga:
2.669 Warga 5 Desa di Aceh Utara Terdampak Banjir

“Pelepasan anak penyu ini sebagai kontribusi kita sebagai masyarakat dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut, yang harus kita jaga,” katanya.
Ia menyebutkan telur penyu tersebut didapatkan dari masyarakat di kawasan Pantai Lhoknga, Aceh Besar. Ia membeli telur penyu itu mulai harga Rp10.000 hingga Rp15.000 per butir.

Sejak 2019, Zulfitri menyebutkan telah melepasliarkan sebanyak 2.400 tukik ke laut. Sejak tahun itu hingga sekarang, dirinya telah membeli sebanyak 3.500 butir telur dari pemburu liar wilayah setempat, dan telur yang telah menetas menjadi tukik sebanyak 2.400 butir.

Baca Juga:
Tanggul Daerah Aliran Sungai Arakundo Terancam Jebol

Memang, kata dia, wilayah pesisir Pantai Lhoknga tersebut terkenal sebagai kawasan habitat penyu bertelur sehingga banyak warga yang mendapatkan telur-telurnya.

“Jadi kami beli dari warga yang mendapatkannya dari di pantai ini. Dan ini juga bagian dari cara kita untuk mengedukasi masyarakat untuk konservasi penyu, “ katanya.

Zulfitri mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan biota laut tersebut, dengan cara setiap telur penyu yang didapatkan di pantai tidak dijual ke pasar untuk dikonsumsi.

"Mulai hari ini mari kita sama-sama melestarikan penyu ini, karena laut juga perlu keseimbangan," ujarnya.(amt/sumber:antaranews.com)