Pesawat Boeing 737 Max Alihkan Pendaratan Gegara 3 Penumpang Mabuk dan Rese Bener

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 04/Mar/2022 08:23 WIB
Apakah perlu penumpang nakal disuruh terjun dari pesawat? Apakah perlu penumpang nakal disuruh terjun dari pesawat?

HOUSTON (BeritaTrans.com) - Maskapai penerbangan Meksiko Aeromexico harus mengalihkan penerbangan internasional antara Toronto, Kanada, dan Mexico City, karena tiga penumpang mabuk dan nakal. Penerbangan Aeromexico AM617 pada 3 Maret 2022, mendarat di Houston.

Sebelumnya hari ini, penerbangan Aeromexico antara Bandara Internasional Toronto (YYZ) dan Bandara Internasional Mexico City (MEX) dialihkan ke Bandara Interkontinental Houston (IAH). Alasan pengalihan tersebut adalah karena tiga penumpang yang nakal membahayakan seluruh operasi.

Baca Juga:
CEO Boeing Buka Suara Atas Insiden Kecelakaan Pesawat 737 Max 9

Aeromexico mengoperasikan penerbangan AM617 di atas pesawat Boeing 737 MAX 8, registrasi N105JS, menurut data yang diberikan oleh FlightRadar24.com.

Seorang pejabat mengkonfirmasi outlet media lokal KHOU 11 News bahwa pesawat itu mendarat di Houston untuk menahan penumpang. Pesawat mendarat di Bush Intercontinental Airport sekitar pukul 3:30 pagi. Sekitar satu jam kemudian, ia berangkat ke Mexico City, di mana ia mendarat pada pukul 07:44 waktu setempat.

Baca Juga:
SpiceJet Setop 90 Pilot Terbangkan Pesawat Boeing 737 MAX hingga Pelatihan Dinilai Memadai

Tiga penumpang dalam penerbangan berada di bawah pengaruh. Menurut KHOU,

“Ketiganya menjadi agresif, tidak mau memakai topeng mereka kembali, dan bersikap kasar dan konfrontatif dengan staf penerbangan. Pramugari memberi tahu pilot, yang kemudian membuat keputusan untuk mengalihkan penerbangan ke Bush Intercontinental."

Baca Juga:
Berprilaku Agresif di Pesawat, Wanita ini Dilarang Naik Jet2 dan Didenda 5.000 Poundsterling

Meskipun demikian, tidak ada yang didakwa sehubungan dengan insiden itu. Seorang pria dan seorang wanita dibawa ke pusat penahanan, dan US Customs and Border Protection membawa pria lainnya karena dia tidak diizinkan masuk ke Amerika Serikat.

Simple Flying menghubungi Aeromexico untuk memberikan komentar, tetapi maskapai menolak untuk membahas insiden tersebut.

Penumpang nakal meningkat

Di seluruh dunia telah terjadi peningkatan penumpang nakal dalam beberapa tahun terakhir. Mengalihkan penerbangan komersial terjadwal karena penumpang yang nakal adalah mimpi buruk bagi maskapai, kata sumber Meksiko yang mengetahui industri tersebut. Pengalihan membuat penerbangan tidak menguntungkan (karena biaya pendaratan dan biaya bahan bakar yang tidak terduga) dan secara langsung berdampak pada penumpang lain yang kehilangan koneksi penerbangan dan waktu di tempat tujuan. Sementara di Amerika Serikat dan Kanada, pihak berwenang mengambil dampak serius dari penumpang yang nakal, Meksiko membutuhkan peraturan yang lebih kuat, kata sumber itu.

Baru-baru ini, Delta Air Lines (mitra terdekat Aeromexico) dan Avianca menyerukan tindakan penumpang yang nakal di seluruh dunia. Delta ingin memiliki zona daftar larangan terbang yang dibagikan di antara operator AS. Sementara itu, Avianca mengeluarkan pernyataan yang mengatakan,

“Sangat mendesak untuk bekerja lebih memperkuat regulasi untuk menghasilkan tindakan cepat dalam regulasi daftar larangan terbang dan tindakan lain yang memperkuat regulasi dan proses dalam menghadapi kasus-kasus ini.”