Bagus untuk Mesin dan Lingkungan, Ojek Online Ajak Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 05/Mar/2022 13:24 WIB
foto:istimewa/pertamina foto:istimewa/pertamina

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Performa mesin menjadi bekal utama bagi para pelaku ojek online dalam menjalankan profesinya. Apalagi, kendaraan merupakan sarana utama mereka untuk mencari nafkah.

Berbagai strategi pun dilakukan dalam merawat kendaraannya. Salah satunya dalam pemilihan bahan bakar pada kendaraan.

Baca Juga:
Pertamina Ajak 800 UMK Naik Kelas, Melalui UMK Academy dan Pertapreneur Aggregator 2023

Seperti yang dilakukan oleh Zakaria (41 tahun) salah satu mitra pengemudi transportasi online Grab Bike di Kota Bandung.  Mobilitas yang tinggi mengharuskan dirinya untuk menggunakan Pertamax, agar kondisi mesin motor yang digunakannya lebih prima dan dapat meminimalis kerusakan mesin.

"Sudah lama banget pakai Pertamax, karena berasa tarikan di motornya enak. Kerja juga jadi lebih cepat, lebih irit dan tidak khawatir dengan mesin," ungkapnya.

Baca Juga:
Kolaborasi Pertamina dan Kemenparekraf Dukung Industri Perhotelan di Jawa Barat

Ia mengakui sebelum menggunakan Pertamax, ia kerap melakukan servis motor sebulan sekali. Bahkan setiap servis selalu ada saja yang harus diganti. "Kalau sekarang pakai Pertamax, servis paling dua bulan sekali, dan itupun hanya servis standar, jadi saya merasa dengan isi pertamax ini sama saja dengan kita menyayangi kendaraan kita," ujarnya

Baca Juga:
Konsisten Memberdayaan UMKM, Pertamina Borong Penghargaan Pada ISRA 2023

Tingginya kompresi mesin Yamaha NMax yang ditunggangi Zakaria membutuhkan BBM berkualitas baik yang ada pada Pertamax. Manfaat yang dirasakan pun sangat terasa, baik pada akselerasi mesin dan pembakaran yang lebih bersih.

"Harga memang mahal sedikit, tapi sebanding dengan manfaat yang diperoleh," katanya, dalam siaran pers yang diterima Beritatrans.com.

Di masa kini dimana ojek online sudah menjadi andalan masyarakat dalam melaksanakan berbagai aktivitas. Penggunaan bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi ini bisa menjadi investasi masa depan. Apalagi, selisih harga Pertamax dengan BBM di bawahnya tidak terlalu signifikan.

Terkait pilihan penggunaan bahan bakar, City Area Manager Grab Jawa Barat Ade Ihsan Manan, mengaku mendukung penggunaan bahan bakar ramah lingkungan seperti Pertamax. Namun balik lagi pilihan masing-masing ke pemilik kendaraan "Saat ini para mitra pengemudi Grab Bike sudah sadar memilih bahan bakar yang tepat bagi kendaraan yang digunakan untuk kerja," ungkapnya.

Ia yakin para driver Grab Bike sadar bahwa performa kendaraan menjadi nomor satu karena selain sebagai sarana cari uang. Para driver pun sudah pandai berhitung, bagaimana efek penggunaan BBM RON tinggi pada motornya.

"BBM Pertamax dengan RON 92 ini sangat kompatibel dengan mesin kendaraan keluaran terbaru, jadi otomatis pembakaran akan bagus dan emisi gas buang nya pun ramah lingkungan. Kami mendukung mitra pengemudi, walau saat ini belum semua pakai Pertamax," tandasnya.

Ade menambahkan, pada akhir tahun lalu lalu pun Grab bersama dengan Pertamina juga melaksanakan program Pertamax Gan yang mana salah satu mitra pengemudi Grab Bike berhasil mendapatkan Grandprize berupa motor atas banyaknya transaksi pembelian BBM Pertamax selama periode program berlangsung.

Melalui program ini Grab dan Pertamina turut mendorong penggunaan bahan bakar berkualitas yang lebih ramah lingkungan. “Kedepannya program serupa bukan tidak mungkin dilaksanakan kembali untuk terus mengedukasi masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar berkualitas itu sangat penting untuk investasi jangka panjang, baik dari sisi menjaga performa mesin ataupun sisi kesehatan, menjaga kualitas udara dan lingkungan," ungkap Ade. (ahmad)