Warga Aceh Terima Ratusan Pengungsi Rohingya tapi Bakal Menyerahkannya ke Pemerintah

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 08/Mar/2022 17:48 WIB
Pengungsi etnis Rohingya menetap di pengungsian sementara di Bireuen, Aceh pada 6 Maret 2022.(AP Photo: Zik Maulana) Pengungsi etnis Rohingya menetap di pengungsian sementara di Bireuen, Aceh pada 6 Maret 2022.(AP Photo: Zik Maulana)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Lebih dari 100 pengungsi etnis Rohingya dari Myanmar tiba dengan perahu di pelabuhan provinsi Aceh, Ahad (6/3/2022) dini hari. 

Pihak berwajib tidak mengetahui berapa lama 114 pengungsi, yang terdiri dari 58 pria, 21 perempuan, dan 35 anak-anak tersebut sempat berada di laut. 

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Kedatangan Kapal Pesiar MS Viking Orion

Mereka berlabuh di pantai Jangka, dekat Alue Buya Pasi, yang merupakan desa nelayan di Kabupaten Bireuen, Aceh. 

Nurul Yana Daba, relawan kelompok LSM Aksi Cepat Tanggap mengatakan beberapa di antara pengungsi itu membutuhkan pengobatan. 

Baca Juga:
Pemulangan Jenazah ABK Wafat di Republik Fiji Difasilitasi Kemenhub

"Lengan dan kaki seorang pengungsi perempuan bengkak sampai tidak bisa berdiri atau berjalan, sementara seorang pria nampak kurang gizi, mungkin karena terlalu lama di laut," ujar Nurul. 

Badruddin Yunus, kepala komunitas nelayan suku setempat, mengatakan para pengungsi juga "terlihat sangat lemah akibat kelaparan dan dehidrasi". 

Baca Juga:
Catat Sejarah, Terminal Teluk Lamong Disinggahi Kapal Curah dengan Draught Terdalam Capai 13,27 Meter

Badruddin tidak mengetahui pasti dari mana dan ke mana mereka hendak berlayar karena tidak ada di antara mereka yang bisa berbahasa Indonesia atau Melayu. 

Warga setempat bernama Mukhtar mengatakan para pengungsi Rohingya tersebut mendatangi desa mereka untuk meminta pertolongan. 

"Mereka meminta perlindungan. Kami akan serahkan ini ke pemerintah. Kami menerima mereka sebagai tamu karena ini adalah hal manusiawi yang bisa kami lakukan," katanya. 

Pejabat setempat Alfian mengatakan warga desa menyiapkan makanan bagi para pengungsi namun tidak menyangka pengungsi akan selama itu tinggal di sana. 

Bulan Desember lalu, angkatan laut Indonesia telah menyelamatkan lebih dari 100 pengungsi Rohingya yang terapung dalam kapal yang nyaris karam di pantai barat Indonesia. 

Meski sebelumnya menolak untuk membiarkan mereka menepi, pihak berwajib akhirnya memberikan tempat penampungan karena tekanan dari dunia. 

Indonesia tidak menandatangani Konvensi PBB untuk Pengungsi Tahun 1951 namun sering terlibat sebagai negara transit oleh pengungsi yang mencari negara berkembang untuk bersauh. 

Lebih dari 730.000 warga Rohingya meninggalkan Myanmar sejak kekerasan tahun 2017 yang memaksa mereka tinggal di kamp kumuh di perbatasan Bangladesh. 

Penyelidik PBB menyimpulkan bahwa tindakan militer ini telah dilakukan dengan "niat genosida". 

Beberapa dari mereka kabur dengan jalur laut dan berlayar ke negara seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia antara bulan November dan April ketika kondisi laut masih tenang.  

Ratusan dari mereka datang ke Aceh dalam interval beberapa tahun terakhir.(fh/sumber:abc)