Trigana Air Ramaikan Penerbangan Kargo di Bandara Kertajati

  • Oleh : Naomy

Selasa, 08/Mar/2022 20:10 WIB
Pesawat Teigana Air mulai ramaikan angkutan kargo di Bandara Kertajati Pesawat Teigana Air mulai ramaikan angkutan kargo di Bandara Kertajati

MAJALENGKA (BeritaTrans.com) - Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat semakin aktif melayani penerbangan angkutan kargo. 

Baca Juga:
Menhub Apresiasi Kolaborasi Stakeholder Bandara Soekarno-Hatta di Tengah Angleb

Setelah Maskapai Asia Cargo terbang dari bandara ini sejak Desember 2021, menyusul Maskapai Trigana Air bersama dengan Avia Cargo selaku perusahaan pengiriman dan pengangkutan barang, mulai terbang dari Kertajati, Selasa (8/3/2022).

Penerbangan perdana ini turut disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga:
Moda Penerbangan Angkut Pemudik Terbanyak pada H-2 Lebaran

Menhub megapresiasi Trigana Air dan Avia Cargo yang memilih menggunakan Bandara Internasional Kertajati untuk pengiriman dan bongkar muat kargo.

“Ini suatu gebrakan yang baik. Meski masih di tengah pandemi, sekarang setiap hari ada penerbangan di Kertajati. Bahkan pada hari tertentu ada dua kali penerbangan kargo yang terisi penuh,” kata Menhub.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

Menurutnya, pemerintah mendukung upaya yang dilakukan stakeholder penerbangan dalam rangka menggerakan kembali industrinya, yang sempat terdampak pandemi.

“Adanya kegiatan di Bandara Kertajati diharapkan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat maupun secara nasional semakin baik,” tuturnya.

Menhub mengungkapkan, di Jawa Barat ada daerah Cirebon, Patimban, dan Majalengka yang merupakan segitiga strategis yang memiliki potensi untuk dikembangkan untuk menciptakan titik-titik ekonomi baru.

“Pelabuhan Patimban sudah kita bangun, dan ditargetkan ada lebih dari 160 ribu ekspor kendaraan tahun ini. Jadi jangan ragu untuk melakukan kegiatan kargo di sini. Ini akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak di sini,” tutur Menhub.

Bandara Kertajati tengah disiapkan menjadi pusat kegiatan logistik dan pemeliharaan pesawat, selain menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umroh. 

Untuk mendukung Bandara Kertajati menjadi pusat kegiatan logistik, di bandara ini tengah dilakukan beberapa pengembangan e-commerce hub (cargo village) dan optimalisasi penerbangan kargo.

Turut hadir dalam peninjauan, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Direktur Utama BIJB Kertajati Muhammad Singgih, dan Kadishub Jawa Barat A. Koswara. (omy)