Layanan KRL Masih Dibatasi 60 Persen, Volume Penumpang Relatif Stabil

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 11/Mar/2022 17:57 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter merilis data jumlah penumpang harian. Terdapat jumlah penurunan penumpang pada hari Jumat (11/3/2022) hingga siang. 

"Layanan KRL pada Jumat, (11/3/2022) hingga pukul 14.00 WIB siang ini di sejumlah stasiun berjalan lancar dan kondusif dengan volume pengguna KRL yang relatif stabil yaitu sebesar 258.880 pengguna. Hal itu terdata turun 3% jika dibandingkan hari kemarin pada waktu yang sama atau sebesar 264.722 pengguna," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Jumat. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Dilanjutkan Anne, untuk total volume pengguna KRL Jabodetabek pada 10 Maret kemarin sebesar 491.020 pengguna, atau naik 2% jika dibandingkan total vomule tanggal 9 Maret lalu yaitu sebesar 479.644 penumpang. 

Dikatakan Anne, layanan KRL Commuterline beroperasi dengan pembatasan kapasitas pengguna sebesar 60%, sesuai dengan aturan terbaru dari pemerintah. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

"Meski pun ada perubahan aturan kapasitas, KAI Commuter terus mengajak pengguna untuk tetap taat protokol kesehatan. Tetap jaga jarak saat duduk di kursi KRL maupun saat berdiri," kata Anne. 

Sebagai upaya menjaga jarak di tengah penambahan kapasitas pengguna yang duduk maupun berdiri, KAI Commuter membuat marka-marka peringatan baik di kereta maupun stasiun. Pengumuman melalui suara dan edukasi dari petugas di kereta juga tetap berjalan. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

"Ikuti marka-marka yang ada baik untuk posisi duduk maupun berdiri agar jarak aman antar pengguna tetap terpenuhi dan saling mengingatkan untuk tetap taat protokol kesehatan demi kesehatan dan keselamatan bersama," kata Anne. 

Anne menjelaskan juga, layanan KRL tetap beroperasi dengan 1.005 perjalanan tiap harinya mulai pukul 04.00-22.00 WIB. Menurut data yang tercatat, persebaran volume pengguna KRL masih tetap terfokus pada jam-jam sibuk pagi hari yaitu pukul 06.00-08.00 WIB dan Sore hari pada pukul 17.00-19.00 WIB. 

"Untuk menjaga kapasitas tidak melebihi jumlah yang diizinkan, KAI Commuter juga tetap melakukan antrean penyekatan di stasiun terutama pada jam-jam sibuk tersebut," imbuh Anne. 

Aturan-aturan menggunakan KRL pada pemberlakuan PPKM Level 2 ini juga tetap berlaku, yaitu tetap menggunakan masker ganda atau masker dengan filtrasi maksimal, pemeriksaan sertifikat vaksi, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, tidak bicara secara langsung maupun melalui sambungan telepon selama berada di dalam kereta serta pengguna lansia dan Balita dapat menggunakan KRL pada pukul 10.00-14.00 WIB. 

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna KRL untuk tetap jaga jarak antar pengguna baik di dalam KRL maupun di area stasiun, selalu patuhi marka-marka yang ada, dan selalui ikuti arahan petugas di stasiun maupun di dalam KRL.(fhm)