Quantron: Konversi Kendaraan Komersial ke Penggerak Nol-Emisi di Jalur Menuju Kesuksesan

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 12/Mar/2022 22:20 WIB
foto:istimewa/quantron foto:istimewa/quantron

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Berdasarkan awal yang kuat untuk bisnis konversi di segmen kendaraan komersial dengan unit bisnis Q-Retrofit, Quantron AG mampu mencapai penjualan 10 juta euro pada tahun fiskal 2021. Perusahaan yang berbasis di Augsburg, yang berfokus antara lain pada mengubah kendaraan bekas dan yang sudah ada menjadi mesin bertenaga nol-emisi, dengan demikian telah menunjukkan penerimaan pasar yang luas atas konsep produk dan layanannya pada tahun pengoperasian kedua setelah pendiriannya.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hasil tersebut menunjukkan peningkatan sekitar 500 persen. Pada tahun yang ditinjau, Quantron mengirimkan 30 kendaraan tanpa emisi ke IKEA, di antara pelanggan lainnya. Dengan cara ini, para ahli nol-emisi dari Ausburg memberikan kontribusi pada tujuan kelompok perabotan untuk menjadi iklim-positif pada tahun 2030.

Baca Juga:
Quantron Menangkan Penghargaan Keberlanjutan Transportasi Eropa 2022

Dengan latar belakang permintaan yang terus meningkat dari pelanggan potensial lebih lanjut, Quantron AG menargetkan volume pesanan 400 kendaraan pada tahun 2022, yang sesuai dengan potensi omset total 50 - 60 juta euro dalam bisnis konversi.

Dengan penambahan unit bisnis Q-Mobility yang telah menawarkan kendaraan merek QUANTRON sendiri sejak Februari 2022 berupa bus Cizaris BEV 12 meter, Quantron AG melihat dasar yang kuat untuk pengembangan bisnis yang positif secara berkelanjutan.

Bus tersedia sebagai versi BEV dengan jangkauan hingga 370 kilometer (menurut eSORT 2). Versi FCEV sudah dalam pengembangan dan dijadwalkan untuk diluncurkan ke pasar pada kuartal keempat tahun ini, dalam keterangan pers yang diterima BeritaTrans.com.

Selanjutnya, sebagai anggota dan Pemimpin Paket Kerja proyek GREATER4H STRING, Quantron terus mendorong pengembangan dan penggunaan hidrogen dalam industri mobilitas. Proyek Eropa bertujuan untuk menciptakan ekosistem mandiri berbasis hidrogen hijau untuk kendaraan tugas berat antara Oslo dan Hamburg. Selain itu, QUANTRON memprakarsai banyak proyek global lainnya tahun lalu, termasuk di AS, Skandinavia, dan Arab Saudi.

Tahun 2022 juga akan menandai "Serangan Hidrogen" oleh Quantron AG. Dimulai dengan kemitraan dengan Ballard Power Systems (Kanada), proyek pengembangan truk berat yang akan dikerahkan di UE dan AS, kemitraan strategis dengan penyedia bahan bakar H2 serta keterlibatan Quantron AG dalam proyek STRING, adalah bukti dari Upaya Quantron untuk mendekarbonisasi transportasi tugas berat. Hidrogen adalah sumber energi, yang akan membuat mobilitas lebih mandiri dari MINYAK dan Gas dan Quantron AG memiliki ambisi untuk memainkan peran penting di sini.

Michael Perschke, CEO QUANTRON menyatakan: “Quantron AG telah menunjukkan pada tahun 2021 bahwa terlepas dari langkah-langkah COVID-19 yang sedang berlangsung, kami dapat mengembangkan bisnis kami secara signifikan, menjalin kemitraan strategis, dan menjadikan diri kami sebagai pemasok tepercaya untuk pelopor nol emisi terkemuka. 2022 akan menandai tahun di mana Quantron AG akan memperkuat jalannya untuk menjadi pengembang terkemuka produk bertenaga Hidrogen – dalam kemitraan dengan mitra strategis kami Ballard Power – dan penyedia solusi mobilitas nol emisi.”

Andreas Haller, pendiri dan Ketua dewan, menambahkan: “Saya bangga bahwa hampir dua tahun setelah diluncurkan, Quantron AG sudah dikenal dengan baik di bidang transportasi tanpa emisi dan dengan tim yang kompeten secara global, kami ingin tetap menjadi kekuatan pendorong, yang secara efektif mewujudkan konversi menuju mobilitas orang dan barang tanpa emisi.”(ahmad)

Tags :