15 Desa di Kabupaten Purworejo Diterjang Banjir

  • Oleh : Taryani

Selasa, 15/Mar/2022 10:58 WIB
Petugas menggunakan perahu karet mengevakuasi warga terdampak banjir di Purworejo. (Foto:tvonenews.com) Petugas menggunakan perahu karet mengevakuasi warga terdampak banjir di Purworejo. (Foto:tvonenews.com)

PURWOREJO (BeritaTrans.com) – Lima belas desa di lima kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Purworejo mencatat lima belas desa di lima kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah terendam banjir pada Selasa (15/3/2022) pagi.

Petugas  BPBD dan dinas terkait langsung melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir dengan mengerahkan sejumlah perahu karet dan peralatan lainnya.

Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengakibatkan sejumlah aliran sungai meluap sehingga merendam lima belas desa.

Banjir yang terjadi di lima kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Bayan, Kecamatan Butuh, Kecamatan Ngombol, Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Bagelen.

Sementara untuk proses evakuasi warga terdampak banjir,  pihak BPBD Kabupaten Purworejo juga melibatkan TNI, Polri dan dinas terkait.

Warga terdampak banjir langsung diungsikan di tempat-tempat yang lebih aman.

"Sementara ini banjir terjadi di lima belas desa yang berada di lima kecamatan di Purworejo. Kami juga telah menyebar petugas di lima belas desa terdampak banjir tersebut," ungkap Harno, petugas BPBD Kabupaten Purworejo.

Ketinggian banjir di Purworejo ini bervariasi dari 50 hingga 160 sentimeter.

Kepala Desa Wingko, Daryanto  mengungkapkan,  hujan deras turun terus-menerus sehingga empat desa di wilayahnya juga ikut terendam banjir.

"Betul wilayah kami juga terdampak hujan yang tidak berhenti sebelumnya sehingga Sungai Sirinding meluap. Empat desa tersebut, yakni Desa Wingko Sranggahan, Desa Wingkoharjo, Desa Wingko Sigromulyo, dan Desa Wingkomulyo," kata Daryanto.

Banjir di Purworejo ini merupakan banjir musiman maupun tahunan. Warga berharap pemerintah agar aliran Sungai Sirinding dan Bogowonto di Purworejo segera di normalisasi.

Warga  berharap agar pemerintah setempat segera memberikan bantuan bahan makanan, minuman dan kebutuhan warga korban banjir Purworejo. (tr/Sumber:tvonenews.com)