Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Ditutup Saat Parade MotoGP, Ini Daftarnya!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 16/Mar/2022 07:09 WIB
Sirkuit Mandalika. (Ist) Sirkuit Mandalika. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Parade MotoGP akan dihelat di Jakarta pada Rabu 16 Maret 2022. Parade MotoGP ini merupakan ajang seremoni sebelum para pembalap berlaga di Sirkuit Mandalika. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, akan ada sejumlah ruas jalan yang ditutup saat parade MotoGP ini. 

Baca Juga:
Diskon Tarif Jalan Tol 20 Persen Arus Balik Berlaku hingga 19 April 20224

"Ya, kita akan melaksanakan penutupan jalur pada saat rombongan melintas. Terutama dari arah utara ke arah selatan. Kita tutup hanya pada saat rombongan melintas mulai dari Istana sampai dengan Hotel Kempinski," kata Sambodo di Jakarta, Selasa (15/3/2022). 

Sambodo menerangkan, ruas jalan yang akan ditutup adalah rute Istana Negara Jakarta, kawasan Medan Merdeka, hingga Hotel Kempinski di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. 

Baca Juga:
DAMRI Jual 89 Ribu Tiket Lebih, Periode Perjalanan Sampai 23 April 2024

"Kami dari pihak Polda Metro Jaya akan melaksanakan pengamanan jalur mulai dari Istana Negara sampai dengan Kempinski," jelas dia. 

Jalan Ditutup Pukul 10.00 WIB 

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Sambodo menambahkan, penutupan tersebut akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB. Menurut jadwal diterimanya, parade akan berlangsung selama 60 menit. 

"Untuk masyarakat kami imbau untuk hindari dulu kawasan terkait pukul 10.00 hingga 11.00," Sambodo menandaskan. 

Jokowi Lepas Parade dari Istana 

Parade MotoGP akan dilakukan di Jakarta, Rabu, 16 Maret 2022. Rencananya, ini akan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dari Istana Negara pada pukul 10.00 WIB. 

"Pak Jokowi hanya melepas saja di Istana," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, kepada awak media di Jakarta, Selasa (15/3/2022). 

Dia mengatakan, Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara dengan melakukan penutupan jalur pada saat rombongan parade melintas. 

"Pengamanan terutama dari arah utara ke selatan, sedang dari arah berlawanan selatan ke utara akan berjalan normal seperti biasa," jelas Sambodo. 

Sambodo memastikan, penutupan dilakukan satu arus, sehingga tidak terlalu mengganggu mobilitas warga yang berkegiatan secara normal. "Akan ada penutupan satu arus itu pun pada saat rombongan melintas dari Istana," kata dia. 

Sambodo menuturkan, pengamanan dilakukan secara ekstra. Sehingga tidak ada masyarakat yang bisa masuk barisan dan mengganggu parade. 

"Jadi supaya jangan ada penonton yang tiba-tiba nyelonong ke tengah atau pun menjaga keamanan daripada para pembalap," kata dia.(fhm)