Radikal! Penumpang Pesawat KLM, Transavia, dan TUI Tak Lagi Wajib Pakai Masker

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 17/Mar/2022 06:07 WIB


AMSTERDAM (BeritaTrans.com) - Mulai 23 Maret, tiga masakapi Belanda yakni KLM, Transavia, dan TUI tidak akan lagi memberlakukan masker wajah di dalam penerbangan.

Maskapai penerbangan malah akan merekomendasikan penumpang untuk memakainya sesuai dengan pedoman EASA dan ICAO.

Baca Juga:
Mencekam, Pesawat Boeing 737 Berisi 73 Orang Turun Hampir 1 Menit Tanpa Disadari oleh Kru Penerbangan

Maskapai sewaan, Corendon, mengatakan akan membatalkan semua persyaratan sepenuhnya.

Langkah itu dilakukan sebagai tindakan ketidakpatuhan terhadap keputusan pemerintah Belanda untuk melonggarkan persyaratan masker wajah di semua transportasi umum, penerbangan bar, sejalan dengan pedoman UE saat ini. Dalam sebuah pernyataan, TUI mengatakan:

Baca Juga:
Air France-KLM Pesan 4 Pesawat Kargo Airbus A350

“Perjalanan yang aman bagi penumpang dan staf kami adalah prioritas terbesar kami. Kami mendesak kabinet untuk menjadikan persyaratan memakai masker wajah menjadi rekomendasi. Kami tidak lagi ingin memantau kepatuhan terhadap mandat masker wajah di dalam pesawat.”

KLM telah menyatakan kekecewaannya atas keputusan tersebut, menyatakan bahwa undang-undang yang membingungkan telah menyebabkan kemarahan dari penumpang. Flag carrier Belanda itu mengatakan:

Baca Juga:
DHL Global Forwarding dan Air France KLM Martinair Cargo Sepakat Pembelian 33 Juta Liter Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF)

"Industri menganggap pendekatan ini tidak tepat, mengingat tahap pandemi. Terlebih lagi, ini bertentangan dengan perkembangan Eropa dan internasional yang kami ikuti dengan cermat. Karena kemampuan menjelaskan dan proporsionalitas terus menurun, kami melihat peningkatan kesalahpahaman di antara penumpang dan penumpang kami. semakin banyak dan juga insiden yang lebih serius dengan penumpang yang 'sulit diatur', yang dapat berdampak negatif terhadap keselamatan penerbangan."

TUI berbagi pandangan yang sama, meningkatkan kekhawatiran tentang keselamatan fisik staf dan penumpang lainnya. Berbicara kepada RTL Nieuws, juru bicara TUI menambahkan:

“Kualitas udara di pesawat lebih baik daripada di kereta. Kami melihat penumpang semakin tidak mau mematuhi persyaratan ini. Ini tidak bisa lagi dijelaskan atau dipertahankan. Hal ini baru-baru ini menyebabkan peningkatan agresi di dalam pesawat terhadap kru kami dan penumpang lainnya."

Terlepas dari kekecewaan atas masker, KLM memuji penerapan persyaratan masuk yang longgar oleh pemerintah Belanda. Pelancong UE yang menuju Belanda tidak lagi diharuskan untuk melakukan tes saat masuk atau memberikan sertifikat vaksinasi mulai 23 Maret. KLM mengatakan:

Fakta bahwa Sertifikat COVID Digital tidak lagi diperlukan untuk perjalanan di dalam UE dan dari luar UE ke Belanda adalah positif bagi pelanggan kami. Kami juga sangat senang bahwa kewajiban pengujian tambahan untuk pelancong yang bepergian ke Belanda dari negara-negara non-UE, terlepas dari status vaksinasi.

Langkah-langkah masuk baru akan diperluas ke warga negara Uni Eropa yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara di luar zona Uni Eropa atau Schengen. Namun, pemerintah tetap menyarankan untuk melakukan self-test pada saat kedatangan.

Sumber: simpleflying.com.