Menhan Prabowo Bertemu Komandan Komando Indo-Pasifik AS, Bahas Dinamika LCS-Konflik Rusia Vs Ukraina

  • Oleh : Dirham

Selasa, 22/Mar/2022 12:48 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Komandan ke-26 Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (USINDOPACOM) Laksamana John Aquilino di Kementerian Pertahanan, Jakarta. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Komandan ke-26 Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (USINDOPACOM) Laksamana John Aquilino di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Komandan ke-26 Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (USINDOPACOM) Laksamana John Aquilino di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (21/3/2022). 

Dalam kunjungan tersebut, keduanya membahas sejumlah topik, mulai dari dinamika Laut China Selatan (LCS) hingga perkembangan konflik antara Rusia dan Ukraina. 

Baca Juga:
Misi dan Harapan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Boyong Jet Tempur Mirage 2000/5 ke Indonesia

“Pertemuan tersebut membahas sejumlah hal, di antaranya modernisasi pertahanan yang termasuk pelatihan dan pendidikan hasil kerja sama Departemen Pertahanan AS dengan Kemhan RI, isu dan tantangan di Laut China Selatan, strategi AS di kawasan Indo-Pasifik pada tahun 2022, dan perkembangan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina,” demikian keterangan tertulis Biro Humas Setjen Kemenhan, Senin. 

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo juga menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan USINDOPACOM, baik dalam bidang pertahanan maupun bantuan kemanusiaan yang diberikan pada bencana gempa bumi di Aceh, Padang, dan pencarian KRI Nanggala-402. 

Baca Juga:
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Ungkap Alasan Mau Gabung Kabinet Presiden Jokowi: Saya Tidak Ingin Bangsa Ini Pecah

Indonesia dan AS telah menjalin kerja sama pertahanan sejak 1950 dan pada Oktober 2020 telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di berbagai bidang. 

Salah satunya di bidang pendidikan dan pelatihan untuk Taruna atau Kadet TNI di berbagai lembaga pendidikan militer di AS. Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS mencakup dialog dan konsultasi bilateral tentang isu-isu keamananan bersama, peningkatan sumber daya manusia, pengembangan kapasitas keamanan maritim, kerja sama logistik dan persediaan militer. 

Baca Juga:
Curhat Menhan Prabowo Subianto: Tak Mengapa Diejek dan Dihina, yang Penting Berikan Terbaik untuk Bangsa

Kemudian kerja sama maritim, pengadaan pertahanan dan penelitian serta pengembangan bersama, profesionalisme personel, kerja sama operasi dan pelatihan pemeliharaan perdamaian, bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, serta penanganan ancaman transnasional.

Selain menemui Prabowo, Aquilino dalam lawatan kali ini juga bertemu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Salah satu topik pembicaraan dalam pertemuan tersebut yakni mengenai upaya peningkatan latihan gabungan angkatan bersenjata dari kedua negara. 

“Dalam kegiatan hari ini adalah untuk berbincang tentang bagaimana memperkuat pasukan gabungan yang lebih baik, sehingga pada akhirnya AS dan Indonesia bisa melakukan operasi bersama,” kata Aquilino usai bertemu Andika di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin. (ds/sumber Kompas.com)