Diminta Kirim Sistem Rudal S-400 ke Ukraina, Turki Diimingi Jet Siluman F-35 AS

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 22/Mar/2022 14:56 WIB


WASHINGTON DC (BeritaTrans.com)  - Amerika Serikat (AS) minta Turki untuk mengirim sistem rudal S-400 ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia . Sebagai imbalannya, Ankara akan memperoleh jet tempur siluman F-35 dan sanksi dari Washington akan dicabut.

Kedua negara sekutu NATO itu dilaporkan sedang dalam pembicaraan mengenai kesediaan Ankara untuk mengirim S-400 ke Ukraina dan imbalannya.

Baca Juga:
Setelah Pidato di Singapura Terkait Perdamaian, Menhan Prabowo Terima Kunjungan Dubes Ukraina: Menurut Informasi Selang 5 Jam Kedubes Rusia Menyusul

“Kami sedang dalam pembicaraan berkelanjutan dengan Ankara untuk melihatnya menyerahkan sistem S-400 dan mengirimkannya ke Kiev,” kata seorang pejabat Pentagon yang tidak disebutkan namanya kepada Sky News Arabia, Minggu (20/3/2022).

Sebagai gantinya, pejabat itu mengatakan, Turki dapat kembali ke program F-35 dan pencabutan sanksi yang diberlakukan oleh Washington.

Baca Juga:
Menhan Prabowo Beberkan 4 Pelajaran Penting dari Perang Rusia-Ukraina

Sebuah laporan sebelumnya dari Reuters pada Sabtu pekan lalu, yang mengutip tiga sumber, menyatakan bahwa AS telah melayangkan gagasan itu ke Turki selama sebulan terakhir.

Namun, menurut laporan Reuters, tidak ada permintaan resmi yang diajukan AS kepada Turki. Laporan itu juga menyatakan sulit bagi Ankara untuk menyetujui gagasan itu. Baik Ankara maupun Washington belum mengomentari secara resmi laporan tersebut.

Baca Juga:
Rusia Tuduh Pasukannya Diracuni Botulinum Oleh Ukraina

.Sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia telah lama menjadi subjek perselisihan antara AS dan Turki. Pada tahun 2020, Washington memberlakukan sanksi terhadap industri pertahanan Turki dan mengeluarkan negara itu dari program jet tempur siluman F-35 atas keputusan Ankara membeli perangkat keras militer Rusia.