Satu Kapal Perang Rusia Hancur Dirudal Ukraina

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 24/Mar/2022 20:25 WIB


KYIV (BeritaYrans.com) -;Ukraina mengklaim telah menggempur dan menghancurkan sebuah kapal militer besar milik Angkatan Laut Rusia yang berlabuh di Laut Azov, dekat kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, sebulan setelah invasi Rusia dimulai.

"Kapal pendarat besar Orsk dari Armada Laut Hitam penjajah telah dihancurkan di pelabuhan Berdyansk yang direbut oleh Rusia," tulis Angkatan Laut Ukraina di media sosial seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (24/3/2022).

Baca Juga:
Setelah Pidato di Singapura Terkait Perdamaian, Menhan Prabowo Terima Kunjungan Dubes Ukraina: Menurut Informasi Selang 5 Jam Kedubes Rusia Menyusul

Dalam rekaman amatir yang disebut Angkatan Laut Ukraina sebagai serangan terhadap kapal besar tersebut, terlihat gumpalan asap hitam mengepul dari kapal abu-abu yang berlabuh di samping derek-derek besar.

Belum ada tanggapan dari Kementerian Pertahanan Rusia atas klaim Ukraina ini.

Baca Juga:
Menhan Prabowo Beberkan 4 Pelajaran Penting dari Perang Rusia-Ukraina

Sebelumnya, media pemerintah Rusia, TASS awal pekan ini telah menggambarkan kedatangan kapal pendarat itu sebagai "peristiwa epik" yang "membuka peluang bagi Laut Hitam dalam hal logistik." Demikian laporan TASS mengutip saluran televisi terkait Kementerian Pertahanan Rusia, Zvezda.

TASS melaporkan bahwa kapal tersebut mampu membawa hingga 1.500 ton kargo.

Baca Juga:
Rusia Tuduh Pasukannya Diracuni Botulinum Oleh Ukraina

Berdyansk terletak sekitar 80 kilometer (60 mil) di sebelah barat kota strategis Mariupol, yang telah dikepung dan dirusak parah oleh pasukan Rusia.

Ribuan warga sipil telah melarikan diri dari Mariupol melalui koridor evakuasi, tetapi sekitar 100.000 orang masih kekurangan air dan listrik.

Menurut pemerintah Ukraina, lebih dari 2.500 orang telah tewas di kota itu sejak Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi ke Ukraina satu bulan lalu.

Pasukan Rusia juga telah bergerak maju di Ukraina selatan tetapi hanya menguasai Kherson, sebuah kota berpenduduk sekitar 200.000 orang.

Pihak Angkatan Laut Rusia mulai melancarkan serangan rudal dari kapal perang mereka ke Kota Mariupol Ukraina melalui Laut Azov.
Mengutip CNN, pejabat senior Kementerian Pertahanan Amerika Serikat mengungkapkan serangan itu dilancarkan setelah pasukan Ukraina berhasil memukul mundur serdadu Rusia di sekitar Kyiv.

Pejabat AS menyatakan Rusia telah menghujani Mariupol dengan rudal-rudal jarak jauh dari kapal perang mereka. Artileri berat di darat juga menambah daya gempur Rusia ke kota tersebut.

Rusia sendiri memang memiliki sejumlah armada kapal perang di Laut Azov yang dekat dengan Ukraina bagian selatan.

Pejabat Pertahanan AS mengungkapkan total terdapat 21 kapal perang Rusia yang berada di Laut Hitam, termasuk di Laut Azov.

Tampak pula video beredar bahwa Rusia memperlihatkan kapal perangnya tengah meluncurkan rudal di dekat pantai Crimea, tepatnya di sebelah barat Sevastopol.

Misil-misil kapal perang itu tampak meluncur ke arah Ukraina.

Tags :