Direktur Kenavigasian Lantik 91 Perwira Poltekpel Sumbar

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 25/Mar/2022 06:20 WIB
Pelantikan Perwira Transportasi Laut Pelantikan Perwira Transportasi Laut

PADANG (BeritaTrans.com) – Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut Hengki Angkasawan melantik 91 Perwira Transportasi Laut Diklat Pembentukan Program Diploma III dan Non Diploma Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Padang, Sumatera Barat, Kamis (24/3/2022).

Menurutnya, saat ini ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi berkembang sangat pesat, tak terkecuali di dunia maritim.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar DPM Bidang Kepelautan Bagi Masyarakat Sumbar

Di mana teknologi yang ramah lingkungan semakin dibutuhkan.  

Pelantikan kali ini mengusung tema “Smart Seafarer for Greener Shipping” dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Lulusan Poktekpel Sumbar Harus Menjadi Agent of Change

"Selamat kepada para wisudawan dan juga menjelaskan bahwa saat ini para pelaut berada di garis terdepan dan berperan penting dalam perputaran ekonomi," ungkapnya. 

Tak hanya itu, dibutuhkan pula komitmen, dedikasi, dan kerja keras dari seluruh insan maritim untuk mewujudkan dunia maritim yang ramah lingkungan.

Baca Juga:
Kepala BPSDMP Wisuda 112 Perwira Poltekpel Sumbar

“The World Maritime tahun 2022 ini mengusung tema “New Technology for Greener Shipping” dimana teknologi baru yang ramah lingkungan digunakan di dunia maritim guna mewujudkan masa depan dunia maritim yang berkelanjutan”, urainya.

Dia menggarisbawahi agar para wisudawan tidak cepat berpuas diri atas keberhasilan yang saat ini diraih, dan hendaknya dijadikan sebagai pemacu untuk senantiasa mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan keterampilan, sikap profesionalisme, senantiasa siap menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan. 

Serta mampu mewujudkan pelayaran yang selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu.

“Besar harapan saya para wisudawan sekalian dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan daya saing nasional bidang kepelautan serta mampu meningkatkan kesejahteraan serta kejayaan para pelaut sebagai bangsa bahari yang merdeka," tambahnya.

Di akhir sambutannya, Hengki menyampaikan salah satu kutipan yang ditulis oleh Claire Fagin yang mengatakan “knowledge will bring you the opportunity to make a difference” yang artinya pengetahuan akan membawa anda menuju kesempatan untuk membuat perbedaan. 

"Maka para wisudawan perlu memahami dengan bijaksana bahwa pengetahuan yang telah didapat  akan membawanya menuju kehidupan yang berbeda dan keberhasilan,' imbuhnya.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Dr. Capt. A Arif Priadi M.Sc menyampaikan bahwa perkembangan saat ini disrupsi teknologi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari, maka perguruan tinggi harus mampu memberikan masukan dan solusi terhadap tantangan-tantangan tersebut untuk menciptakan SDM transportasi yang profesional dan berstandar global. 

Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Capt. Wisnu Risianto, M.M. Dalam laporannya menyampaikan, total jumlah wisudawan 91 orang yang terdiri dari 44 wisudawan Program Studi Nautika Angkatan 3, 30 wisudawan Program Studi Teknologi Nautika Angkatan 3, 11 wisudawan Program Studi Nautika Angkatan 2, dan 6 wisudawan Program Studi Teknologi Nautika Angkatan 2. (omy)