Asyik Lebaran Boleh Mudik, Dishub Bandung Barat Bakal Siapkan ATCS di Jalur Mudik

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 25/Mar/2022 10:58 WIB
Ilustrasi arus mudik Lebaran di Kabupaten Bandung Barat. (Ist.) Ilustrasi arus mudik Lebaran di Kabupaten Bandung Barat. (Ist.)

BANDUNG BARAT (BeritaTrans.com) -  Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (KBB) merespon kebijakan pemerintah pusat yang membuka peluang masyarakat bisa mudik Lebaran tahun ini.

Mereka akan mempersiapkan Automatic Traffic Control System (ATCS) untuk menunjang perjalanan mudik melalui jalur darat.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Fauzan Azima mengatakan, pihaknya merencanakan memasang 129 kamera yang dipasang di 50 titik ruas jalan arteri serta persimpangan di Bandung Barat. ATCS tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem pengeras suara.

 

"Insya Allah (ATCS) disiapkan untuk pemantauan mudik nanti. Termasuk arus lalu lintas sepanjang bulan Ramadan yang eskalasinya bakal meningkat," kata Fauzan saat dihubungi pada Kamis (24/3/2022).

Presiden Joko Widodo mengizinkan masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur Lebaran tahun ini.

Diizinkannya mudik diprediksi bakal membuat jumlah pemudik melonjak drastis lantaran dua tahun dilarang pemerintah akibat pandemi COVID-19.

Bandung Barat sendiri merupakan daerah yang kerap dilintasi pemudik untuk pulang kampung. Khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor menuju wilayah Priangan Timur seperti Garut dan Tasik.

Dikatakan Fauzan, ATCS akan dioperasikan dari ruangan kontrol di satu ruangan yang ada di kantor Dinas Perhubungan Bandung Barat. Ada belasan personel Dishub yang bakal mengoperatori ATCS tersebut.

"Untuk suara sudah ada, terhubung ke titik sepiker di CCTV karena fungsinya kan untuk menginformasikan pada pengendara, mulai dari pelanggaran dan yang lainnya," ujar Fauzan.

Selain ATCS, menghadapi arus mudik lebaran, pihaknya bakal menyiapkan Pos Pemantauan di beberapa titik salah satunya yakni Simpang Gerbang Tol Padalarang.

"Nanti akan ada di situ (Pos Pam) mudik. Kita buat mendekati arus mudik terjadi, sesuai arahan pimpinan," tandas Fauzan. (tr/Sumber:SuaraJabar)