Imbas Invasi ke Ukraina, 78 Pesawat Rusia Disita

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 27/Mar/2022 16:24 WIB
Sebanyak 78 pesawat Rusia disita di luar negeri sebagai sanksi internasional atas invasi Rusia ke Ukraina. Ilustrasi. (Barn Images). Sebanyak 78 pesawat Rusia disita di luar negeri sebagai sanksi internasional atas invasi Rusia ke Ukraina. Ilustrasi. (Barn Images).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebanyak 78 pesawat Rusia disita di luar negeri. Hal ini merupakan sanksi internasional atas invasi Rusia ke Ukraina. 

Mengutip Reuters, Rabu (23/3), Menteri Transportasi Rusia Vitaly Savelyev mengatakan sanksi internasional ini memutus pasokan sebagian besar pesawat, suku cadang, dan layanan ke Rusia. 

Baca Juga:
Rusia Kembangkan Pesawat Pengebom Mirip B-2 Spirit Milik AS

"Kami kehilangan 78 pesawat," ucap Savelyev. 

Ia mengatakan pesawat yang disita di luar negeri tak akan dikembalikan ke Rusia. 

Baca Juga:
Langgar Larangan Penerbangan, 2 Pesawat Rusia Diusir dari Wilayah Udara Kanada

Sebelumnya, Rusia mengesahkan undang-undang yang mengizinkan maskapai penerbangan negara itu menempatkan pesawat yang disewa dari perusahaan asing di daftar pesawat Rusia. Namun, maskapai ragu menggunakan undang-undang itu karena berpotensi memperburuk hubungan dengan mitra internasional. 

Tercatat, total pesawat Rusia 1.367 unit ketika sanksi internasional dijatuhkan. Mayoritas atau sebanyak 800 pesawat masuk daftar pesawat negara beruang merah itu, sedangkan sisanya disewa dari perusahaan leasing global. 

Baca Juga:
Pesawat Rusia Angkut 18 Orang Mendarat Darurat di Siberia, Pilot Patah Kaki

Hampir semua pesawat Boeing dan Airbus yang digunakan maskapai Rusia terdaftar di Bermuda dan Irlandia. Namun, otoritas penerbangan Bermuda dan Irlandia menangguhkan sertifikasi semua pesawat yang dioperasikan Rusia pada pekan lalu. 

Sebelumnya, perusahaan kargo terbesar Rusia, Volga-Dnepr Group, menangguhkan semua penerbangan yang menggunakan pesawat Boeing karena sanksi blok Barat. 

Sanksi tersebut seiring kebijakan Amerika Serikat yang memutus pasokan sebagian besar pesawat dan suku cadang Boeing ke Rusia. Amerika Serikat dan Eropa juga sebelumnya menutup wilayah udara mereka untuk maskapai Rusia. 

Menanggapi keputusan AS, Moskow juga memberlakukan tindakan yang sama terhadap sekutu Barat.(fh/sumber:cnn)