KAI Siapkan Kelengkapan Jelang Masa Angkutan Lebaran 2022

  • Oleh : Taryani

Selasa, 29/Mar/2022 16:49 WIB
Penumpang kereta api  merasakan kondisi yang nyaman dan aman saat menempuh perjalanan.. (Ist.) Penumpang kereta api merasakan kondisi yang nyaman dan aman saat menempuh perjalanan.. (Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero),  Didiek Hartantyo menjelaskan,  masa Angkutan Lebaran tahun 2022 PT KAI berlangsung selama 22 hari. Dimulai pada 22 April (H-10) sampai dengan 13 Mei (H+10).

Didiek menyatakan kesiapan jajarannya dalam rangka penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022.

"Dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran tahun 2022 yang pertama kami melakukan kegiatan ramp check atau inspeksi kelengkapan standar pelayanan minimum di sarana perkeretaapian," kata Didiek dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Selasa, (29/3/2022).

KAI juga melakukan inspeksi bersama jajaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Inspeksi dilakukan mulai dari Daop 1 Jakarta hingga Daop 9 Jember untuk mengecek perlintasan dan operasional kereta api.

Selanjutnya, KAI juga akan menyelenggarakan posko terpadu guna memastikan pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun 2022 berjalan lancar, aman, dan selamat.

"Seluruh insan PT KAI melakukan posko Angkutan Lebaran tahun 2022, dimulai dari BOC, BOD, Kepala Daerah hingga frontliner," ujarnya.

Ia menambahkan, KAI mengantisipasi tingginya minat masyarakat melakukan perjalanan mudik dengan menyiapkan penambahan 35 perjalanan kereta api dengan mengoptimalkan sarana siap operasi yang tersedia.

KAI juga terus meningkatkan kewaspadaan keamanan dan ketertiban perjalanan kereta api dengan mengerahkan petugas keamanan sebanyak 1.642 personil yang tersebar di Daerah Operasi dan Divisi Regional.

"Dan yang paling penting adalah pengawasan protokol kesehatan dan kapasitas angkut penumpang sesuai ketentuan," pungkasnya. (tr/Sumber:ANTARA)