Area Parkir Jembatan Timbang Losarang Indramayu Dibuat Luas, Ini Pertimbangannya

  • Oleh : Taryani

Rabu, 30/Mar/2022 02:45 WIB
Kepala Jembatan Timbang Losarang, Sabiis tengah memantau truk-truk yang diparkir karena  melebihan JBI. (Taryani)   Kepala Jembatan Timbang Losarang, Sabiis tengah memantau truk-truk yang diparkir karena melebihan JBI. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Sekarang terungkap alasan Kementerian Perhubungan R.I   merevitalisi Jembatan Timbang Losarang di Kabupaten Indramayu  sengaja membuat  area parkir  truk atau kendaraan angkutan barang  yang  begitu luas.

Area parkir truk itu ternyata bukan untuk tempat istirahat biasa para sopir maupun kernet  truk yang kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh.

Tapi,  are aparkir Jembatan Timbang itu merupakan tempat penampungan truk sesudah dilakukan penimbangan dan diketahui muatannya melebihi berat yang diizinkan (JBI).

Truk yang melebihi JBI kata Kepala Jembatan Timbang Losarang, Sabiis saat mendampingi peninjauan Kapolsek Losarang Kompol H. Mashudi, tidak boleh langsung melanjutkan perjalanan menuju ke tempat tujuan.

Tetapi terlebih dahulu menjalani penindakan. Nah, selama proses penindakan itu berlangsung, kendaraan yang ketahuan melebihi JBI diparkir  terlebih dahulu di area Jembatan Timbang Losarang.

Cukup banyak truk yang mengalami kelebihan JBI. Oleh karenanya dibuatlah area parkir Jembatan Timbang Losarang yang begitu luas.

Alas atau landasan parkir kendaraan dibuat kokoh menggunakan cor beton. Mampu diinjak roda truk sekalipun membawa muatan puluhan ton.

Area parkir  itu mampu menampung puluhan truk  berbagai jenis. Mulai colt diesel, tronton, hingga boks tronton bahkan trailer.

Dalam setiap razia petugas  Jembatan Timbang Losarang, jumlah truk yang melebihi JBI jumlahnya cukup banyak. Sehingga membutuhkan  area parkir yang luas guna menampung truk-truk yang bermasalah dengan jumlah muatan itu.

Terletak di depan sehingga cukup mudah dilihat pengendara lain yang kebetulan sedang melintas di Jalur Pantura Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu. 

Membuat area parkir di depan ini tentu ada maksudnya. Yaitu untuk memudahkan sopir keluar atau masuk area parkir,  sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke arah Cirebon.

Truk yang terkena sanksi kelebihan JBI jarang yang diparkir lama  di area Jembatan Timbang Losarang.

Hanya perlu waktu  yang relatif singkat. Selanjutnya truk yang kelebihan JBI itu melanjutkan lagi  perjalanan menuju tempat tujuan. (Taryani)