Urai Kerumunan PPLN di Bandara, Satgas Buka Exit PCR di Wisma Atlet

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 30/Mar/2022 08:03 WIB
foto:istimewa/ilustrasi foto:istimewa/ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyiapkan sejumlah titik pemeriksaan exit test PCR bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang tiba di Indonesia. Salah satu lokasi yang digunakan adalah Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet dan hotel tujuan penginapan PPLN.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menambahkan, upaya itu dilakukan usai terjadinya kerumunan PPLN yang antre exit test PCR di sejumlah Bandara.

Baca Juga:
Tersisa 2 Orang, Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

"Pemerintah memberikan opsi lokasi lain untuk testing demi meminimalisir kerumunan. Misalnya pekerja migran di RSDC atu PPLN di hotel tujuan menetapnya," kata Wiku dalam konferensi pers melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (29/3).

Wiku juga memastikan pihaknya telah menyediakan lokasi pembayaran yang memudahkan sistem pembayaran OCR di tempat. Ia juga menambahkan, pemerintah untuk saat ini telah sepakat membuat mekanisme kedatangan yang efektif seperti memodifikasi waktu kedatangan dan terminal tujuan PPLN.

"Pemerintah telah melakukan evaluasi terhadap temuan di lapangan tersebut dengan segera melakukan koordinasi dengan lintas kementerian dan lembaga," ujarnya.

Sebelumnya, viral di media sosial terkait panjangnya antrean pemeriksaan tes PCR bagi para PPLN yang baru tiba di terminal kedatangan Bandara Soetta. Disebutkan, jumlah petugas jaga tidak sebanding dengan jumlah penumpang yang datang. Akibatnya, antrean panjang dan kerumunan tak terelakkan.(amt/sumber:cnnindonesia.com)