Tiket KA Lebaran dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir Tersedia 144 Ribu Lagi, Ayo Jangan Sampai Kehabisan

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 31/Mar/2022 20:55 WIB
Penumpang di Stasiun Pasar Senen melakukan pemeriksaan tiket untuk naik KA. (Foto:dok KAI) Penumpang di Stasiun Pasar Senen melakukan pemeriksaan tiket untuk naik KA. (Foto:dok KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. Saat ini KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan. 

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pada 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April s.d 16 Mei 2022 dan seterusnya. 

Baca Juga:
Hingga Hari Ini 61 Persen Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual, KA Airlangga Paling Favorit

"Dengan berlakunya kebijakan tersebut maka masyarakat yang akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta sudah dapat melakukan pemesanan tiket untuk momen lebaran," ujar Eva. 

Eva mengatakan, masa Angkutan Lebaran untuk perjalanan KA ditetapkan H-10 s.d H+10 lebaran atau 22 April s.d 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta untuk perjalanan KA Jarak Jauh diprogramkan akan terdapat sekitar 57 perjalanan KA per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 33.028 per hari. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 29 Maret, Promo Tarif Maksimal Berlaku di Hari Libur Ini!

Penerapan kapasitas masa angkutan lebaran ini juga sudah mengikuti aturan pemerintah terbaru tentang dilonggarkannya pembatasan penumpang. 

"Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100%," ujar Eva.
 
Sampai dengan 31 Maret, pantauan Daop 1 Jakarta untuk Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek secara total terdapat sebanyak 96.878 tiket KA Jarak Jauh telah terjual untuk keberangkatan periode 22 s.d 30 April atau 40 persen dari total tiket yang disediakan. Adapun tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih masyarakat yaitu 28 April, 29 April, dan 30 April. 

Baca Juga:
Pastikan Sehat saat Pelayanan Lebaran, Petugas KAI Daop 5 Periksa Bebas Narkoba

Sementara pantauan data hari Kamis 31 Maret 2022 masih terdapat sekitar 144 ribu tiket KA untuk periode keberangkatan sampai dengan 30 April 2022. 

"Masyarakat masih dapat melakukan pemesanan tiket masa angkutan lebaran dengan ketersediaan yang cukup banyak," kata Eva.
 
Daop 1 Jakarta menghimbau calon pelanggan agar teliti dalam mengisi data seperti tanggal, rute, dan data personal pada saat melakukan pemesanan. 
 
Masyarakat juga dihimbau untuk selalu mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya. Sosialisasi akan langsung dilakukan jika terdapat aturan baru yang diterbitkan pemerintah terkait perjalanan KA momen lebaran.(fhm)