Lantik 62 Perwira, Direktur BP3IP Ingatkan Pentingnya SDM Kompeten dan Unggul

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 01/Apr/2022 20:58 WIB
Wisudawan BP3IP Wisudawan BP3IP

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kampus Kementerian Perhubungan, Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta melantik 62 orang sebagai Ahli Nautika Tingkat I dan Ahli Teknika Tingkat I. 

Baca Juga:
BP3 Curug Gelar Diklat Pilot Drone Bagi Aparatur KKP

Pelantikan perwira transportasi pelayaran ke-59 di Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Direktur BP3IP Jakarta, Dr. Ahmad selaku inspektur upacara menyampaikan bahwa saat ini sejumlah negara termasuk Indonesia sedang berupaya untuk memulihkan perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19,  termasuk didalamnya pemulihan sektor maritim.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

"Presiden Joko Widodo melalui program Nawa Cita menggagas penguatan jati diri Indonesia sebagai negara maritim denggan visi mengembalikan kejayaan maritim Indonesia serta visi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia," tutur Ahmad, Jumat (1/4/2022).

Mengusung tema "Through the 59th Bon Voyage We Are Committed to Rebuilding Indonesia Maritime", dia menekankan pentingnya SDM yang kompeten dan unggul untuk mewujudkan transportasi yang terkoneksi, andal, selamat, aman dan nyaman serta mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Baca Juga:
BPSDMP Bahas Penyusunan Kurikulum Diklat Ahli Kepelabuhanan

"Melalui tema yang diusung dalam wisuda kali ini, BP3IP sebagai salah satu lembaga diklat kepelautan mendukung program pemerintah dengan terus berupaya menjadi penyedia jasa pendidikan kepelautan yang berkualitas," ungkapnya.

Setelah menyelesaikan pendidikan, kata dia, tugas dan tanggung jawab para pelaut semakin berat terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung.

"Dengan keberhasilan yang telah saudara capai, hendaknya tidak membuat berpuas diri, namun justru menjadi pendorong dan semangat dalam menghadapi tantangan masa depan serta terus meningkatkan kompetensi," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penyelenggaraan BP3IP Jakarta, P. Marcello Lopulalan, melaporkan bahwa para lulusan telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sehingga berhak mendapatkan Surat Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan (SPPK) Tingkat I Nautika dan Teknika, serta sertifikat keahlian pelaut berupa Certificate of Competency (COC) dan Certificate of Endorsement (COE) yang sangat dibutuhkan untuk bekerja di atas kapal.

Adapun para wisudawan yang dilantik terdiri dari 39 wisudawan lulusan program Diklat Pelaut Tingkat I Keahlian Nautika dan 23 wisudawan Diklat Pelaut Tingkat I Keahlian Teknika. (omy)