Ini Sederet Kegiatan Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Digelar Pemprov Jakarta

  • Oleh : Taryani

Minggu, 03/Apr/2022 14:07 WIB
Ilustrasi salah satu kegiatan masyarakat selama bulan Ramadhan. Acara akan ditutup Shalat Idul Fitri 1443 H di Jakarta International Stadium.  (Foto:Dok.detikcom) Ilustrasi salah satu kegiatan masyarakat selama bulan Ramadhan. Acara akan ditutup Shalat Idul Fitri 1443 H di Jakarta International Stadium. (Foto:Dok.detikcom)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sederet rangkaian kegiatan bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah tengah direncanakan Pemprov DKI Jakarta tempatnya di Jakarta International Stadium (JIS).

"Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium," kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) Provinsi DKI Jakarta,  Gunas Mahdianto melalui keterangan tertulis dilansir dari detik.com, Minggu (3/4/2022).

Kemudian, DKI juga mengadakan festival malam takbiran di JIS di malam Lebaran.

Gunas menuturkan, kegiatan Ramadan dilakukan dengan kolaborasi bersama OPD Provinsi DKI dan BUMD seperti PT JakPro, PT TransJakarta, hingga Perumda Pasar Jaya. Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam Lebaran.

"Kolaborasi juga dilakukan dengan ormas Islam, swasta, dan masyarakat," sambungnya.

Selain di JIS, Pemprov DKI juga menggelar sejumlah acara lainnya selama Ramadhan, seperti Jazz Festival, Ramadan Market, hingga wisata religi spesial Ramadhan.

Ia berharap ragam kegiatan ini dapat menyemarakkan bulan suci Ramadhan serta dijalankan dengan prokes COVID-19 ketat.

"Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusyuk ibadah, meningkatkan ukhuwah dan menyemarakkan bulan Ramadan. Selain itu ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antarsesama," ucapnya.

Berikut ini jadwal kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri yang disusun Pemprov DKI:

1. Munggahan Ramadhan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022.

2. Ornamen Ramadhan dengan menghias ruang publik, seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadhan di Jakarta yang berkolaborasi dengan swasta. Ornamen bertemakan Ramadhan pada 26 Maret-1 Mei 2022, dan Ornamen bertemakan Idul Fitri pada 1 Mei-14 Mei 2022 di 5 wilayah kota administrasi.

3. Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada 11-24 April 2022. Dengan kolaborator Semasa, localmarket.id, Ramadan Jazz, JFW, Wardah, dan Kelas Pagi.

4. Ramadhan Market Festival di setiap kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro-kecil.

5. Wisata Religi Spesial Ramadhan, dengan melibatkan konten kreator agar publik secara luas dapat merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta.

6. Rangkaian kunjungan Gubernur ke masjid/pondok pesantren, dan sebagainya.

7. 30 hari khatam Al-Qur'an, berlomba mengumpulkan pahala dan kebaikan dengan mengkhatamkan Alquran bersama aparatur wilayah, kolaborator, dan masyarakat umum selama Ramadhan.

8. Kolaborasi kebaikan berbagi hidangan buka puasa, dengan menyediakan setiap hari minimal 50.000 (lima puluh ribu) bungkus yang dibagikan ke masjid, musala, halte TransJakarta, dan ruang publik lainnya, pada 2 April-1 Mei 2022.

9. Duta Imam Salat Tarawih, yang mengutus 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi imam salat tarawih di masjid pilihan pada 2 April-1 Mei 2022.

10. Kegiatan kolaborasi masyarakat, mendukung, dan mengkolaborasikan kegiatan yang diinisiasi Lembaga Keagamaan Islam selama Ramadhan.

11. Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam Lebaran.

12. Salat Idul Fitri 1443 H di Jakarta International Stadium. (tr/Sumber:detik.com)