Rudal Panggul Starstreak Buatan Inggris Hancurkan Helikopter Tempur Rusia

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 03/Apr/2022 18:48 WIB


KIEV  (BeritaTrans.com) - Satu helikopter Rusia ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina menggunakan sistem rudal canggih buatan Inggris.

Rekaman dramatis yang beredar di dunia maya menunjukkan proyektil rudal panggul Starstreak berkecepatan tinggi menghancurkan sebuah pesawat Rusia di wilayah Luhansk di Ukraina timur.

Baca Juga:
Setelah Pidato di Singapura Terkait Perdamaian, Menhan Prabowo Terima Kunjungan Dubes Ukraina: Menurut Informasi Selang 5 Jam Kedubes Rusia Menyusul

Dalam video tersebut, helikopter terlihat melayang di langit sebelum terbakar dan jatuh ke tanah setelah ekornya terkena rudal.

Kementerian Pertahanan mengatakan ini adalah pertama kalinya rudal itu digunakan untuk menjatuhkan pesawat Rusia selama konflik, menurut laporan seperti dilansir dari Evening Standard, Minggu (3/4/2022

Baca Juga:
Menhan Prabowo Beberkan 4 Pelajaran Penting dari Perang Rusia-Ukraina

Rudal Starstreak dianggap sebagai rudal darat ke udara tercepat di dunia dan merupakan bagian penting dari kemampuan pertahanan udara berbasis darat Inggris.

Sistem portabel ini dibangun oleh perusahaan pertahanan Thales di pabrik mereka di Belfast dan digunakan untuk melindungi London selama Olimpiade tahun 2012. 

Baca Juga:
Rusia Tuduh Pasukannya Diracuni Botulinum Oleh Ukraina

Pada 9 Maret lalu, Inggris mengumumkan bahwa mereka akan memasok rudal ke Ukraina.

Inggris dikabarkan telah mengirim sekitar 3.600 rudal anti-tank NLAW ke Ukraina dengan lebih banyak lagi dalam perjalanan.

Banyak dari mereka dikirim sebelum perang dimulai. Ini menunjukkan kesediaan Inggris untuk menjaga Ukraina dipasok dengan persenjataan modern.

Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace mengatakan kepada Reuters pada 9 Maret.

“Menanggapi permintaan Ukraina, pemerintah telah mengambil keputusan untuk menjajaki donasi rudal anti-udara portabel berkecepatan tinggi StarStreak,” ungkapnya dilansir LingkarKediri dari laman 19fortyfive.

“Kami percaya bahwa sistem ini akan tetap dalam definisi senjata pertahanan tetapi akan memungkinkan pasukan Ukraina untuk mempertahankan langit mereka dengan lebih baik,” tambahnya.

Pengumuman pertahanan udara StarStreak penting karena pejabat pertahanan dari Inggris telah merahasiakan secara spesifik ekspor senjata mereka ke Ukraina untuk menjaga keamanan operasional.

Praktek ini membuat Rusia tidak tahu apa-apa. Tetapi mengumumkan secara terbuka kemungkinan ekspor StarStreak akan membantu moral Ukraina.

StarStreak  sendiri adalah sistem pertahanan udara portabel (MANPAD) yang digunakan oleh militer Inggris sejak 1997.