Ini Penyakit Otak Aphasia yang Membuat Bruce Willis Berhenti dari Dunia Film

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 06/Apr/2022 03:58 WIB
Gangguan otak yang menyebabkan masalah berbicara, membaca, dan menulis telah membuat Willis pensiun dari dunia film. Gangguan otak yang menyebabkan masalah berbicara, membaca, dan menulis telah membuat Willis pensiun dari dunia film.

TEXAS (BeritaTrans.com) - Penyakit otak telah membuat Bruce Willis pensiun dari dunia film. Hal ini menarik perhatian terhadap kondisi yang kurang diketahui tersebut dan memiliki banyak kemungkinan penyebabnya. 

Bagi seorang aktor, aphasia dapat menjadi tantangan besar tergantung pada tingkat keparahannya, kata Brenda Rapp, pakar kognitif di Universitas Johns Hopkins.

Baca Juga:
Aphasia paksa Bruce Willis Pensiun dari Film, Seberapa Bahayakah Gangguan Otak itu?

"Itu akan sangat mengganggu Bruce Willis dalam hal berkomunikasi dengan orang lain dan karena ia tidak dapat menemukan kata-kata untuk mengekspresikan dirinya sendiri," jelasnya.

Ia menambahkan, penyakit tersebut juga menjadi tantangan bagi orang lain di sekitarnya, bahkan membuat mereka berpikir apakah Willis adalah orang yang sama. "Jika terbatas hanya pada aphasia, Willis cenderung tetap seperti dirinya sendiri namun memiliki kesulitan untuk mengekspresikan dirinya," jelasnya.

Baca Juga:
Crazy Rich Plus Sultan Tulen! Aktor John Travolta Miliki 7 Pesawat Jet dan Landasan Pacu di Pelataran Rumah

Keluarga Bruce Willis mengumumkan beberapa waktu lalu bahwa aktor berusia 67 tahun itu telah didiagnosis menderita aphasia. Namun mereka belum mengungkapkan lebih detail kemungkinan penyebabnya.

Seorang penderita afasia progresif primer, gangguan otak yang terkadang disamakan dengan Alzheimer, menggunakan perangkat komunikasi MiniTalk untuk menjawab pertanyaan. (AP/Manuel Balce Ceneta)Seorang penderita afasia progresif primer, gangguan otak yang terkadang disamakan dengan Alzheimer, menggunakan perangkat komunikasi MiniTalk untuk menjawab pertanyaan. (AP/Manuel Balce Ceneta)

Baca Juga:
Di Usia 68 Tahun, John Travolta Raih Lisensi Pilot Boeing 737

Rapp mengatakan, stroke merupakan penyebab aphasia yang paling umum. Penyebab lainnya adalah tumor, cedera kepala atau adanya kerusakan pada pusat kemampuan bahasa di otak. Infeksi otak atau penyakit Alzheimer juga dapat memicu penyakit aphasia. Kondisi itu menimbulkan masalah dalam hal berbicara, membaca dan menulis. Asosiasi Aphasia Nasional memperkirakan sekitar dua juta warga Amerika mengidap penyakit tersebut.

Bagi kebanyakan orang penyebabnya adalah stroke yang telah memotong aliran darah ke otak. Tanpa oksigen dan nutrisi, sel-sel otak mati, yang membuat seseorang kesulitan untuk menemukan kata-kata.