7 PTN Ini Punya Transportasi Kampus, Sudah Tahu?

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 07/Apr/2022 16:28 WIB
Trans Gadjah Mada.Foto: dok. Humas UGM Trans Gadjah Mada.Foto: dok. Humas UGM

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Salah satu fasilitas yang dimiliki perguruan tinggi negeri (PTN) adalah transportasi kampus. Transportasi kampus tersebut berupa, bis, minibus, hingga mobil gandeng. 

Baru-baru ini Universitas Gadjah Mada (UGM) meluncurkan bus ramah lingkungan yang beroperasi di kampus UGM. Bus itu diberi nama Gadjah Mada Trans. 

Baca Juga:
Bus Kuning UI Beroperasi Lagi, Catat Rute dan Jadwalnya!

Nah apakah kalian tahu kampus mana saja yang punya transportasi kampus? Jika belum simak penjelasan berikut ini yang dikutip dari laman masing-masing kampus: 

1. Bus Kuning Universitas Indonesia 

Bus Kuning UI disingkat Bikun merupakan transportasi kampus. Mahasiswa UI biasa memanfaatkan transportasi kampus ini untuk mobilitas dari satu fakultas ke fakultas lain. 

Melansir dari laman UI, Bikun mengalami perbaikan dengan pemberian AC. Bikun memiliki interior khas dengan bangku memanjang dari ujung pintu depan ke belakang di sisi kiri kanan. 

Bikun beroperasi setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 07.00-19.00 WIB dan Sabtu dari pukul 07.00-12.00 WIB. 

2. Transportasi Kampus Universitas Padjajaran 

Unpad memiliki 3 jenis tranportasi kampus. Transportasi tersebut yakni angkutan biru dengan total 9 buah, mobil gandengan 2 buah, dan angkutan milik luar sebanyak 16 buah. 

Rutenya yaitu angkutan biru dan gandengan di jalur lingkar luar. Sedangkan angkutan milik luar di jalur tengah. 

Daya tampungnya yaitu angkutan biru 15 orang, mobil gandengan 40 orang, dan angkutan milik luar 12 orang. Dengan jam operasi dari pukul 07.00 - 16.00 WIB. 

3. Minibus Universitas Airlangga 

Minibus Unair merupakan hasil dari kerja sama dengan Bank BRI. Minibus ini dapat dimanfaatkan sebagai transportasi antar kampus. Bus ini dimanfaatkan oleh mahasiswa dan pegawai Unair. 

Minibus ini diberi nama Flash yang berarti Fast Local Area Shuttle (FLASH) yang menghubungkan kampus A, B, dan C. 

4. Bus Kampus Universitas Sebelas Maret 

Bus kampus UNS diberikan untuk memudahkan mobilitas di dalam kampus. Bus kampus ini beroperasi setiap hari Senin sampai Jumat. Bus ini melalui dua jalur yaitu barat dan timur. 

5. Bis Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Bis kampus Kampus Institut Teknologi Sepuluh (ITS) memiliki 20 titik pemberhentian. Rute bis kampus ITS yaitu mahasiswa ITS, BRI, Bunderan masjid Manarul Ilmi, Departemen Teknik Lingkungan, Rektorat, Gedung Student Community Center (SCC), MIPA Tower, Departemen Teknik Elektro, Urban Farming, perumahan dosen blok U, Departemen Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Informatika, Departemen Desain Produk, dan Asrama Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. 

6. Bus Kampus Institut Pertanian Bogor 

IPB memiliki 8 unit bis kampus dengan fasilitas full AC. Bis tersebut beroperasi dari pukul 06.00 - 18.00 WIB setiap hari Senin-Jumat. 

Bis kampus IPB tersebar di 3 koridor. Waktu kedatangan bus bervariasi sesuai dengan jadwal bus setiap koridor per halte. Secara umum kedatangan bus di Koridor 1 dan 3 setiap 8 menit dan koridor 4 setiap 24 menit. 

7. Trans Gadjah Mada 

Bis Trans Gadjah Mada memiliki dua rute yaitu kawasan timur dan barat kampus UGM. Bus ini akan mengelilingi area kampus dan melewati 35 halte Trans Jogja. 

Nantinya bis kampus ini akan mengembangkan fasilitas untuk pejalan kaki dan fasilitas untuk mahasiswa yang berkebutuhan khusus. 

Bis Trans Gadjah Mada ini bermuatan 20 orang penumpang. Jam operasional bis ini dibuka setiap hari mulai dari Senin hingga Kamis pukul 6.30-16.16 WIB. Mahasiswa juga dapat menunggu setiap 60 menit sekali. 

Nah itulah transportasi kampus di 7 PTN. Ada yang sudah pernah mencobanya?(f/sumber:detik)