Tim Patroli KPLP Tolong Kapal Song yang Alami Kerusakan Mesin Induk di Perairan Kepri

  • Oleh : Naomy

Kamis, 07/Apr/2022 17:00 WIB
Tim Pangkalan PLP Tanjung Uban Tim Pangkalan PLP Tanjung Uban

KEPRI (BeritaTrans.com) –  Tim Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban menolong mengawasi dan mengamankan kapal MT. Song yang sedang berlabuh jangkar di alur pelayaran perairan batu berhenti daerah perairan pulau Sambu - Kepri.

Baca Juga:
Patroli Pangkalan PLP Tanjung Uban Awasi dan Periksa Kapal Tubrukan di Perairan Utara Nongsa Batam

Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban Capt. Handry Sulfian mengungkapkan pihaknya mendapat informasi awal dari Batam VTS terkait adanya kapal yang sedang bermasalah mesin induk, Rabu (6/4/2022).

“Saya memerintahkan Kapal Patroli dan Tim boarding Officer KN. Sarotama-P.112 dengan menggunakan RIB segera menuju ke lokasi kapal MT. Song di perairan Batu Berhenti. 

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Uban Evakuasi 2 Kapal Rusak Mesin di Perairan Batam

RIB KN. Sarotama sandar di lambung kiri kapal MT. Song dan tim Boarding Officer naik ke kapal menggunakan Basket Case untuk memeriksa kapal," ujarnya, Kamis (7/4/2022).

Dia mengungkapkan, petugas yang datang ke lokasi mendapati bahwa kapal bendera Saint Kitts and Nevis (Kepulauan Leeward, Karibia), Callsign: v4rbr, dan nama Nakhoda/Master: Garish Kamboj, dengan jumlah kru 17 orang.

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Uban Berhasil Evakuasi Kapal Asing Kandas di Pulau Sambu Batam

Awalnya berlayar dari Batam pada 5 April 2022 sekitar pukul 09.25 WIB dengan tujuan India dan mengalami masalah mesin induk di sekitar perairan Batu Berhenti selat Singapura.

Atas insiden tersebut nakhoda kapal MT. Song mengambil langkah, menghubungi Batam VTS dan meminta izin untuk berlabuh sementara di sekitar perairan Batu Berhenti dan melaksanakan perbaikan pada mesin induk dan mesin induk berhasil diperbaiki hingga normal kembali pada keesokan harinya," ungkap dia.

Tim Boarding Officer KN. Sarotama - P.112 melaksanakan koordinasi kepada nakhoda kapal dan melakukan pemeriksaan dokumen kapal serta memeriksa kamar mesin kapal MT. Song yang mengalami trouble engine itu.

“Dari hasil pemeriksan di atas kapal, tim Boarding Officer KN. Sarotama - P.112 melakukan koordinasi dengan pihak KSOP Khusus Batam, KSOP Tanjung Balai Karimun (Wilker pulau Sambu) dan Batam VTS untuk memastikan bahwa tidak ada jenis pelanggaran yang dilakukan oleh kapal itu,” lanjutnya.

Kapal MT. Song diizinkan untuk melanjutkan kembali pelayarannya menuju India dan tim Boarding Officer memastikan bahwa kapal tersebut dalam keadaan aman dan terkendali.

"Di bulan Suci Ramadhan ini kami selalu siap siaga dalam menjalankan tugas patroli keamanan dan keselamatan pelayaran sesuai dengan motto kami “Dharma Jala Prajatama," tutup Capt. Handry. (omy)