Citilink Hentikan Penerbangan di Bandara Ngloram Blora

  • Oleh : Taryani

Kamis, 07/Apr/2022 18:20 WIB
Ilustrasi aktifitas penumpang turun dari salah satu pesawat di Bandara Ngloram, Blroa, beberapa waktu lalu. (Ist.) Ilustrasi aktifitas penumpang turun dari salah satu pesawat di Bandara Ngloram, Blroa, beberapa waktu lalu. (Ist.)

BLORA (BeritaTrans.com) -  Bandara Ngloram di Blora, Jawa Tengah, kini kosong dari aktivitas penerbangan komersial reguler setelah maskapai Citilink berhenti beroperasi.

VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Diah Suryani Indriastuti  mengatakan, penghentian sementara rute Citilink dari dan menuju Blora dilakukan menyusul adanya program revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma yang dilakukan sejak akhir Januari 2022 lalu.

Meski demikian, dia juga memiliki alasan lainnya sehingga menghentikan penerbangan Bandara Halim Perdanakusuma-Ngloram yang menjadi satu-satunya penerbangan komersial reguler di bandara itu.

"Selain itu juga seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia, berdampak cukup signifikan bagi industri penerbangan khususnya terhadap penurunan volume penumpang yang melakukan perjalanan melalui transportasi udara," kata Diah lewat dilansir dari  detikJateng, Kamis (7/4/2022).

Diah menjelaskan, dengan terbatasnya mobilitas masyarakat membuat maskapai perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap rute-rute yang dimiliki, khususnya guna menekan biaya operasional sebagai strategi maskapai untuk bisa bertahan di masa pandemi ini.

Diberitakan sebelumnya, Bandara Ngloram diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun lalu kini tak lagi memiliki penerbangan komersial.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewandaru Ariadi Widiawan.

Dia menyebut pembangunan di bandara Halim Perdanakusuma menjadi alasan berhentinya satu-satunya penerbangan komersial di Bandara Ngloram.

"Bandara Halim Perdanakusuma sudah buka belum? Kalau belum buka terus gimana coba. Ya untuk sementara penerbangan komersial kita berhenti operasional," kata dia, Selasa (5/4/2022).

Sebelum proses renovasi Bandara Halim Perdanakusuma, lanjutnya, penerbangan Jakarta-Blora dilayani maskapai Citilink. Pesawat tersebut mendarat di Blora dua kali sepekan. (tr/Sumber:detik.com)