Poltekpel Surabaya Lantik 414 Perwira Program Diklat Peningkatan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 08/Apr/2022 04:44 WIB
Pelantikan perwira Poltekpel Surabaya Pelantikan perwira Poltekpel Surabaya

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Kampus Kementerian Perhubungan, Politeknik Ilmu Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, melantik 414 Perwira lulusan Diklat Peningkatan Tingkat I, II, III, IV dan V. 

Upacara pelantikan dilaksanakan hybrid di auditorium kampus Poltekpel Surabaya dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan melalui Zoom Meeting, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga:
Kepala BPSDMP Wisuda 233 Perwira Transportasi Laut Poltekpel Surabaya

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Capt. Weku Frederik Karintu selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa di era penuh tantangan saat ini, para pelaut dituntut untuk terus mengembangkan potensi dan kemampuan diri untuk mampu beradaptasi dengan perubahan dan tuntutan jaman.

“Para pelaut berasa di garda terdepan dan berperan penting bagi 90% sistem perdagangan dunia, oleh karena itu tanggung jawab, dedikasi, dan profesionalisme pelaut harus senantiasa dijaga," ungkapnya.

Baca Juga:
Lantik 416 Perwira Transportasi Laut Poltekpel Surabaya, BPSDMP Dorong Lulusan Wujudkan Pelayaran Selamat dan Aman

Tahun ini World Maritime Day mengusung tema “New Technologies for Greener Shipping” di mana hal ini mencerminkan pentingnya kebutuhan akan dukungan transisi sektor transportasi untuk pembangunan yang berkelanjutan di seluruh bidang, termasuk dunia maritim.

“Tema yang diusung tersebut berfokus pada pentingnya sektor maritim yang berkelanjutan dan kebutuhan untuk membangun kembali dunia dengan lebih baik dan ramah lingkungan paska pandemi," katanya.

Baca Juga:
Perwira Poltekpel Surabaya Siap Dukung Sektor Maritim Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Menurutnya, secara geografis, letak Indonesia sangat strategis diapit oleh dua benua dan dua samudera yang menjadikan laut Indonesia ramai dilalui kapal niaga, kapal tanker, dan lain sebagainya. 

Selain itu, posisi silang juga menjadikan Indonesia sangat berpotensi menjadi poros maritim dunia sesuai dengan misi Presiden Joko Widodo.

“Kini sudah waktunya mengembalikan kejayaan maritim Indonesia serta mewujudkan Indonesia maju dengan membangun SSM maririm yang unggul,  profesional, dan berintegritas," ungkapnya.

Capt. Weku berpesan kepada para lulusan bahwa momentum ini merupakan titik awal untuk kembali bekerja dan berkarya pada jenjang baru serta membangun dunia pelayaran Indonesia dan dunia yang lebih baik, selamat, dan aman.

“Terus pertajam kemampuan saudara, tingkatkan kompetensi yang telah dimiliki, kuasai teknologi dan jadikan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas kerja saudara," tuturnya.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. A Arif Priadi yang turut hadir pada upacara pelantikan juga berpesan agar Poltekpel Surabaya dapat terus meningkatkan kualitas pendidikannya serta berkontribusi dalam mencetak SDM transportasi yang memiliki nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas.

“Sebagai lembaga pendidikan yang mencetak SDM  transportasi, kita harus terus berinovasi, mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan sehingga mampu menghasilkan SDM  
unggul, kompeten, dan berprestasi," ulasnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Sugiyono melaporkan bahwa perwira yang dilantik berjumlah 414 yang merupakan para pelaut lulusan dari Diklat Peningkatan Tingkat I, II, III, IV, dan V.

Tinciannya, 86 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat I Nautika, 36 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat I Teknika, 67 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat II Nautika, 35 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat II Teknika, 54 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat III Nautika, 30 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat III Teknika, 35 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat IV Nautika.

Selanjutnya 18 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat IV Teknika, 20 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat V Nautika, dan 18 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat V Teknika.

“Dari 414 orang lulusan terdapat 10 (sepuluh) orang diantaranya yang memiliki prestasi membanggakan dengan meraih nilai tertinggi sehingga layak dan dipilih menjadi perwakilan untuk dilantik secara simbolis," ujarnya. (omy)