Luar Biasa! Ini Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Hubungkan 15 Negara

  • Oleh : Taryani

Kamis, 14/Apr/2022 09:46 WIB
Pan-American Highway. (Foto:Dok.Kompas.com) Pan-American Highway. (Foto:Dok.Kompas.com)

MEKSIKO (BeritaTrans.com) - Untuk menuju wilayah satu dan lainnya dengan kendaraan pribadi, Anda pasti akan melewati jalan raya.

Faktanya, jalan raya bukan hanya sebagai prasarana, melainkan juga menunjang berbagai kegiatan ekonomi.

Jika dua tempat terhubung dengan mudah, tentunya biaya distribusi yang lebih murah akan membuat harga jual barang juga terpangkas.

Kehadiran jalan raya ini pada akhirnya akan membuat aktivitas masyarakat menjadi aman dan nyaman.

Biasanya, jalan raya dirancang untuk perjalanan jarak jauh dengan kecepatan kendaraan tergolong tinggi sehingga memiliki bentang yang panjang.

Di benua mana jalan raya terpanjang di dunia itu? Ternyata ada di Benua Amerika. Jalan tersebut panjangnya mencapai 48.000 kilometer.

Namanya  Pan-American Highway. Mencakup seluruh sistem jalan raya antar-negara, serta antar-negara bagian di Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Awalnya jalan raya ini merupakan rute tunggal dari Nuevo Laredo di Meksiko menuju Panama City dengan panjang sekitar 5.390 kilometer.

Dilansir dari Britannica, jalan yang digagas pembangunannya sejak tahun 1923 ini dibangun sepenuhnya oleh Meksiko.

Akan tetapi, khusus yang melintasi negara itu. Adapun pembangunan jalan raya lanjutannya, kecuali Meksiko, mendapatkan dana bantuan dari AS.

Setelah dibangun, Pan-American Highway berkembang menjadi jalan raya yang menghubungkan 15 negara di kedua wilayah tersebut.

Adapun 15 negara yang terhubung dengan jalan raya ini adalah Kanada, AS, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Chili, dan terakhir Argentina.

Sejarah Pan-American Highway Ide dimulai dari pengalaman mabuk laut yang dialami  Konsul AS untuk Argentina Hinton Rowan Helper saat melakukan perjalanan dari Buneos Aires ke New York pada akhir tahun 1866.

Namun demikian, awalnya bukanlah untuk membangun cikal bakal jalan raya terpanjang di dunia itu, melainkan transportasi massal berupa kereta api.

Kereta api yang rencananya dibangun bertujuan untuk menghubungkan berbagai wilayah di Amerika serta membuka ruang perdagangan yang saling menguntungkan antar-negara tersebut.

Ini juga menjadi langkah pertama Amerika menuju globalisasi untuk menemukan pijakannya di atas impian sektor perkeretaapian.

Sayangnya, mimpi untuk menghubungkan antara AS ke Amerika Selatan melalui kereta api tidak pernah terjadi.

Akan tetapi, mimpi ini kemudian mengarah ke rute tunggal yang menghubungkan negara-negara di kedua wilayah tersebut.

Rute tunggal tersebut kini dikenal sebagai jalan raya terpanjang di dunia, Pan-American Highway. (tr/Sumber:Kompas.com)