5 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Lezat dan Harga Terjangkau

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 16/Apr/2022 10:34 WIB
Salah satu tempat wisata kuliner di Kota Bandung. (Foto:CNN Indonesia) Salah satu tempat wisata kuliner di Kota Bandung. (Foto:CNN Indonesia)

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Selain produk fasyen yang sangat  beragam, Kota Bandung  juga terkenal dengan wisata kulinernya.

Jika punya kesempatan berkunjung ke Bandung dan kebetulan sudah memasuki waktu berbuka puasa, bisa mencicipi beragam jajanan yang lumayan lezat dengan harga relatif terjangkau. 

Berikut tempat-tempat  wisata kuliner di Bandung  yang tersebar di sejumlah titik. Ada yang dekat dengan stasiun, Alun-alun Bandung, Braga, hingga Lembang.

1. Perkedel Bondon

Perkedel Bondon ini sudah ada sejak tahun 1980. Dibuat secara tradisional menggunakan bahan bakar arang.

Perkedel Bondon berlokasi di Jalan Stasiun Timur Nomor 14, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Makanan ini cocok untuk dijadikan camilan. Selain menu utama perkedel, terdapat sajian lain, yakni gepuk, dendeng sapi, dan perkedel jagung.

Dengan Rp10 ribu, Anda akan mendapatkan beberapa perkedel yang renyah di luar dan lembut di dalam.

2. Bacang Panas Braga

Bacang Panas Braga sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin. Dalam sehari, bacang yang terjual bisa mencapai 300 buah.

Bacang dihargai Rp10 ribu per buah. Bacang mengandung lemak atau tetelan yang ditaburkan di tengahnya.

Anda dapat mendapatkan bacang khas yang sudah ada sejak 30 tahun lalu di kawasan Braga. Tepatnya di depan Apotek Kimia Farma atau seberang Museum Asia Afrika.

Sebelum atau setelah menikmati jajanan tradisional satu ini, Anda dapat menjajal kawasan Braga atau Alun-alun Kota Bandung.

3. Nasi Kalong

Di Surakarta terkenal nasi kucing, di Bandung punya nasi kalong atau nasi kelelawar. Dinamai nasi kalong bukan berarti menunya terdiri dari kelelawar. Salah satu alasannya dinamai nasi kalong karena  kedai tersebut buka hingga dini hari.

Menu andalan nasi kalong adalah nasi merah dan berbagai lauk yang disajikannya. Beberapa di antaranya adalah kalong rendang, kalong ayam lemon, kalong ayam gule, dan buncis bakar.

Harga makanan di Kedai Nasi Kalong ini terjangkau. Dengan uang kurang dari Rp50.000, Anda bisa kenyang mengonsumsi berbagai hidangan yang disediakan.

Kedai yang awalnya berada di Jalan R.E Martadinata atau Jalan Riau nomor 57 kini pindah ke Jalan Batununggal Indah Raya 237, Kota Bandung.

4. Roti Gempol

Roti Gempol merupakan salah satu kuliner legendaris Bandung yang masih ada hingga kini. Roti Gempol yang berada berada di Jalan Gempol Wetan Nomor 14 sudah ada sejak 1958.

Menu roti bakar yang dijual di Roti Gempol ada yang manis dan asin. Untuk yang manis tersedia rasa cokelat, susu, kacang, nanas, srikaya, dan stroberi. Sementara itu, untuk roti asin tersedia rasa keju, telur, dan daging.

Jika ingin porsi yang banyak Anda dapat memesan roti ririungan, yang dalam bahasa Sunda bermakna berkumpul. Menu satu ini cukup untuk 3 hingga 4 orang.

Anda dapat membeli roti legendaris ini mulai dari Rp15 ribu hingga Rp54 ribu.

5. Surabi Waroeng Setiabudhi

Jika posisi Anda sedang di Bandung bagian utara atau hendak menuju Lembang, Anda bisa  mencicipi surabi atau serabi yang ada di Waroeng Setiabudhi.

Ada banyak sajian selain serabi oncom yang sedap dan khas Bandung. Mulai dari serabi keju, susu, duren, pisang, dan rasa lainnya. Toping yang dihidangkan pun terbilang banyak.

Anda dapat mendapatkan berbagai sajian khas tersebut di Jalan Dr. Setiabudhi nomor 175, Kota Bandung.

Selain cita rasanya, tempat ini juga terkenal dengan live music. Namun, Anda mesti siap-siap mengantre jika datang saat malam karena banyak pengunjung yang datang.

Anda dapat menikmati sajian salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang murah tersebut mulai dari Rp15 ribu. (tr/Sumber:CNN Indonesia)