Pelabuhan Bakauheni Siapkan 70 Kapal Sambut Pemudik

  • Oleh : Taryani

Minggu, 17/Apr/2022 17:25 WIB
Pengelola Pelabuhan Bakauheni antisipasi lonjakan penumpang Lebaran 2022. (Ist.) Pengelola Pelabuhan Bakauheni antisipasi lonjakan penumpang Lebaran 2022. (Ist.)

BANDARLAMPUNG (BeritaTrans.com) -  Pengelola Pelabuhan Bakauheni Lampung menyiapkan tujuh dermaga untuk melayani penyeberangan pada periode mudik Lebaran 2022.

Selain itu, pengelola juga menyediakan 70 unit kapal terdiri dari 65 unit kapal reguler dan 5 unit kapal ekspres.

"Untuk kesiapan ASDP menyambut angkutan Lebaran dari fasilitas sudah disiapkan semua, termasuk dermaga dan kapal," ujar General Manager (GM) PT ASDP Cabang Bakauheni, Suharto, saat dihubungi di Bandarlampung, (Sabtu 16/4/2022).

Ia mengatakan, untuk kesiapan dermaga sebanyak 7 dermaga telah siap digunakan untuk mengangkut angkutan Lebaran.

"Ketujuh dermaga yaitu 1 dermaga eksekutif dan 6 dermaga reguler telah diperbaiki dan siap untuk digunakan untuk kesiapan angkutan Lebaran tahun ini," katanya.

Menurutnya, untuk memperlancar operasional saat arus mudik Lebaran telah ditambah pula loket bagi penumpang dan kendaraan.

"Untuk antisipasi lonjakan penumpang telah ditambah 8 loket portable untuk penumpang, lalu ada 5 tambahan mesin penjual otomatis atau vending machine," ucapnya.

"Semua memang telah disiapkan dengan matang, dan untuk mencegah adanya penumpukan penumpang telah disediakan juga kantong-kantong parkir di dalam pelabuhan," ujarnya pula.

Ia mengatakan, kapasitas kantong parkir di dalam pelabuhan tercatat dapat menampung hingga 6.000 kendaraan.

"Kalau ada penumpukan kita siapkan juga lahan untuk menampung sementara. Lalu untuk pemeriksaan status vaksinasi sebagai persyaratan mudik telah dikoordinasikan juga dengan pihak terkait," tambahnya.  (tr/Sumber:ANTARA)