Pantai Sanur Bali Ditata Telan Biaya Rp 28 Miliar

  • Oleh : Taryani

Minggu, 17/Apr/2022 17:56 WIB
Pengunjung memadati Pantai Sanur Bali yang terkenal dengan keindahan alamnya. (Ist.) Pengunjung memadati Pantai Sanur Bali yang terkenal dengan keindahan alamnya. (Ist.)

DENPASAR (BeritaTrans.com) – Pemerintah Kota Denpasar, Bali melakukan penataan kawasan Pantai Sanur tahap kedua dalam upaya memberikan kenyamanan dan keindahan sebagai penunjang objek pariwisata dengan anggaran mencapai Rp28 miliar.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama OPD terkait di sela meninjau kawasan pantai tersebut di Pantai Sanur mengatakan, pengecekan ke lapangan guna mengetahui persiapan proyek tahap kedua serta kondisi lapangan.

Ia mengatakan penataan Pantai Sanur merupakan salah satu fokus dari Pemerintah Kota Denpasar. Penataan tahap satu telah rampung akhir tahun 2021.

Saat ini pemkot akan melanjutkan penataan Pantai Sanur tahap dua dengan penataan kios UMKM, pembangunan kamar kecil (toilet), taman, pedestrian dan beberapa rest area.

Penataan kawasan pantai tersebut tersebar di beberapa titik sepanjang 5,8 km serta relokasi lahan parkir agar lebih rapi dan tertib.

Penataan ini dimaksudkan agar Pantai Sanur dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, wisatawan, dan UMKM, sehingga sebagai obyek wisata, Sanur dapat memiliki daya saing secara internasional.

"Untuk mendukung keamanan dan kenyamanan, kami harapkan para pemilik hotel di sepanjang Pantai Sanur untuk ikut berpartisipasi memasang kamera pengintai (CCTV),” katanya.

Minimal 2-3 titik CCTV masing-masing pemilik hotel dan jaringannya akan dikoneksikan dengan 'Command Center' di Pemkot Denpasar, kata Arya.

Wawali Kota Arya Wibawa mengungkapkan, Pemkot Denpasar juga mendukung rencana relokasi lahan parkir  yang selama ini memanfaatkan jalan di kawasan Jalan Hangtuah ke lahan yang dimiliki oleh Desa Adat Sanur Kaja sehingga kelihatan lebih rapi dan tertata.

"Penataan kawasan Pantai Sanur juga dalam rangka menyambut kegiatan internasional Presidensi G20 di wilayah Bali,” uajrnya.

Selain itu penataan pantai ini bertujuan untuk lebih menata kawasan wisata, khususnya di Pantai Sanur agar lebih rapi dan dapat memiliki daya saing lebih luas dan berkualitas.

 Dalam penataan pedestrian semuanya memakai batu andesit dan ada jalur khusus pesepeda.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar Anak Agung Airawata mengatakan saat ini masih dalam proses tender dengan pagu anggaran sebesar Rp28 miliar.

"Mudah-mudahan pada awal bulan Mei 2022 sudah ada pemenangnya dan segera bisa dikerjakan dengan target waktu penyelesaian 6 bulan," kata Airawata.

Kadis Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty mengatakan, dalam penataan kawasan wisata Pantai Sanur sudah ada beberapa perusahaan swasta dan BUMN yang ingin berkolaborasi.

"Kami harapkan dengan adanya dukungan perusahaan swasta dan BUMN melalui CSR dan dukungan masyarakat,  termasuk para nelayan pelaksanaan penaatan kawasan wisata Pantai Sanur terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Kedepannya diharapkan dapat meningkatkan UMKM serta meningkatkan daya tarik wisatawan ke kawasan ini, kata Laxmy Saraswati.

Pada peninjauan ke lapangan Wakil Wali kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Kadis Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty, Kadis PUPR Anak Agung Airawata, Kabag Adbang Cipta Sudewa dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai. (tr/Sumber:Okezone)