Menteri Basuki Pastikan Tol Trans Sumatera Siap Dilalui H-10

  • Oleh : Taryani

Selasa, 19/Apr/2022 12:38 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau jalan Tol Trans Sumatera ruas Tol Lampung hingga Palembang. (Foto:Dok.KemenPUPR) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau jalan Tol Trans Sumatera ruas Tol Lampung hingga Palembang. (Foto:Dok.KemenPUPR)

LAMPUNG (BeritaTrans.com) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau jalan Tol Trans Sumatera ruas Tol Lampung hingga Palembang.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan perbaikan jalan tol yang mengalami kerusakan pada ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung di Provinsi Lampung dan sebagian ruas Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapalbetung) berjalan dengan baik guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

Menteri Basuki mengatakan,  terdapat tiga prioritas pekerjaan yang dilakukan dalam perbaikan ruas tol Lampung - Palembang.

Prioritas pertama perbaikan material jalan yang disebabkan oleh mutu beton yang mengalami penurunan.

Kedua, perbaikan jalan yang mengalami keretakan dan penurunan, karena masih bisa dilalui akan diperbaiki setelah Idul Fitri untuk menghindari kondisi jalan macet saat arus mudik Lebaran.

"Prioritas ketiga perbaikan jalan yang ditutup dengan lem beton. Memang kondisi ini tidak hanya karena bertepatan dengan arus mudik, tetapi juga menjadi jalan utama masyarakat, khususnya untuk pergerakan transportasi dan menopang ekonomi," kata Menteri Basuki.

Ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung hingga Kramasan - Palembang sepanjang 376 km sudah beroperasi sejak Maret 2019 lalu.

Pembangunan tol ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antara Lampung dan Sumatera Selatan.

Beberapa segmen pada jalan ini sempat mengalami kerusakan. Secara bertahap dilakukan rekondisi dan rekonstruksi. Di antaranya perbaikan lapisan perkerasan baru, dicor kembali dengan beton fast setting.

Lalu, lapisan perkerasan dihampar menggunakan asphalt finisher dan dipadatkan, dan lapisan AC-WC baru dihampar dengan asphalt finisher dan dipadatkan.

Kementerian PUPR melalui PT Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ruas Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 140,4 km telah melakukan perbaikan dengan progres 100%.

Untuk ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189,4 km telah dikerjakan perbaikan kerusakan dengan progres 90%, dan akan tuntas seluruhnya H-10.

Selanjutnya BUJT PT Waskita Sriwijaya Tol menangani ruas Kayu Agung - Palembang - Bentung sepanjang 37,6 km telah melakukan perbaikan beberapa titik di antaranya KM355+950 dan KM349+900.

Menteri Basuki menyampaikan secara keseluruhan ruas tol Bakauheni Lampung hingga Palembang siap untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022 di Pulau Sumatera.

"Saat ini secara fungsional dari titik nol sampai KM252 sudah baik, siap untuk digunakan mudik Lebaran. Sisanya masih ada perbaikan hingga H-10 Lebaran," kata Menteri Basuki.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga meninjau kesiapan rest area yang berada di sepanjang ruas Tol Lampung hingga Palembang.

Menteri Basuki meminta kepada pengelola rest area untuk menambah jumlah toilet sementara 100 toilet, dimana 50 untuk pria dan 50 untuk perempuan di tiap rest area untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik dan tidak perlu antre.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan Budiamin, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Maryadi Utama.

Kepala BPJN Lampung Rien Marlina, Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto, Direktur Utama Waskita Toll Road Destiawan Soewardjono, dan Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto. (tr/Sumber:KemenPUPR)