Jaga Kepercayaan Wisatawan Menparekraf Tekankan Pentingnya Quality Tourism

  • Oleh : Naomy

Rabu, 20/Apr/2022 16:40 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno Menparekraf Sandiaga Uno


SAMOSIR (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya menjaga kepercayaan wisatawan melalui quality tourism atau pariwisata yang berkualitas. 

Menparekraf saat membuka Kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata di 8 Desa di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, secara online, Selasa (19/04/2022) menyampaikan, dalam meraih quality tourism diperlukan pariwisata berbasis sapta pesona, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability), dan pelayanan prima.

Baca Juga:
Menparekraf: BaliSpirit Festival 2024 Perkuat Indonesia sebagai Destinasi Wellness Tourism Dunia

"Teman-teman ini harus betul-betul memahami bahwa sadar wisata ini kita fokuskan pada sapta pesona, CHSE, dan pelayanan prima. Ini adalah pondasi bagaimana sebuah desa atau daerah bisa meningkatkan quality tourism-nya. Saya berkali-kali berkunjung ke Samosir, dan merasakan bahwa Samosir memiliki keindahan alam. Maka, ini harus kita lengkapi lebih prima lagi," tutur Menparekraf. 

Dia menyampaikan, desa wisata menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan. 

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

Maka, menurutnya diperlukan peningkatan pariwisata yang berkualitas agar menumbuhkan kepercayaan wisatawan. 

"Desa wisata menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam, dan menawarkan experience bagi wisatawan dengan menghadirkan keunikan dan ciri khas produk lokal dan atraksi daerah. 

Baca Juga:
Menparekraf Sebut "Sumarak Ramadhan 2024" Perkuat Ekosistem Pariwisata Halal di Sumbar

"Hal ini sejalan juga dengan data Grab bahwa kunjungan wisatawan ke desa wisata pada masa pandemi meningkat hingga 30 persen," ujarnya. 

Lebih lanjut, Menparekraf menyampaikan, pertumbuhan desa wisata adalah simbol dari kebangkitan perekonomian Indonesia. 

Tumbuh dan berkembangnya desa wisata akan meningkatkan penghasilan masyarakat baik di lapangan pekerjaan maupun pelaku UMKM, sehingga menjadikan perekonomian Indonesia bangkit.

Turut mendampingi Menparekraf, Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Fransiscus Xaverius Teguh, dan Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf, Florida Pardosi. (omy)