Menhub Inspeksi Bandara Soekarno-Hatta dan Apresiasi Masyarakat yang Mudik Lebih Awal

  • Oleh : Naomy

Minggu, 24/Apr/2022 11:50 WIB
Menhub inspeksi salah satu pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Menhub inspeksi salah satu pesawat di Bandara Soekarno-Hatta

 

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, inspeksi Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Baca Juga:
Selama Angkutan Udara Lebaran, Kemenhub Pantau 51 Bandara

Dalam inspeksinya, Menhub mengapresiasi masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal, guna menghindari kepadatan di masa puncak mudik yang diprediksi terjadi pada 28-30 April 2022 mendatang.

“Sebelumnya pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta sekitar 400 penumpang per hari. Tetapi dua hari ini sudah meningkat menjadi 900 penumpang per harinya. Okupansinya sudah mendekati 100 persen. Ini berarti anjuran mudik lebih awal sudah dilakukan,” jelas Menhub, Ahad (24/4/2022).

Baca Juga:
Presiden Jokowi Resmikan 4 Bandara di Sulawesi

Dia mengungkapkan, sempat menyapa dan menanyakan kepada sejumlah penumpang alasan melakukan mudik lebih awal. 

“Penumpang yang sengaja mudik lebih awal mengatakan, selain untuk menghindari kepadatan di hari puncak, juga harga tiketnya lebih murah,” kata Menhub.

Baca Juga:
Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Segera Diresmikan Presiden

Dalam inspeksinya, Menhub memimpin Apel Gabungan para petugas di Bandara Soekarno Hatta yang terdiri dari berbagai unsur yakni: Otoritas Bandara Kemenhub, Angkasa Pura II, Airnav Indonesia, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya.

Dia juga menjelaskan, aspek keselamatan menjadi penting untuk disiapkan. Mulai dari pemeriksaan kelaikan pesawat melalui kegiatan ramp check, maupun pemeriksaan kesehatan awak pesawat. 

Selain itu, ketersediaan armada pesawat, dan juga pengecekan syarat kesehatan dan pengawasan penerapan protokol kesehatan juga menjadi perhatian utama.

Menhub meyakini, dengan koordinasi dan komunikasi yang baik antar unsur terkait, penyelenggaraan mudik tahun ini bisa dilakukan dengan baik, seperti yang sudah pernah dilakukan saat menangani jamaah penerbangan untuk umroh beberapa waktu lalu.

“Kepada para petugas, lakukan dengan tegas namun tetap sopan, bersahabat, dan melayani dengan ramah. Mari bersama-sama kita wujudkan mudik yang aman dan sehat,” imbuhnya. 

Turut hadir dalam inspeksi, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dan Direktur Utama Airnav Indonesia Polana B. Pramesti. (omy)