Ada Pemain Baru, Bisnis Maskapai Bakal Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

  • Oleh : Taryani

Selasa, 26/Apr/2022 14:23 WIB
Ilustrasi sebuah pesawat tengah mengisi Avtur. (Foto:Ist.) Ilustrasi sebuah pesawat tengah mengisi Avtur. (Foto:Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Pengamat penerbangan Alvin Lie mengemukakan, tahun ini bisnis maskapai akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Hal itu lantaran ada pemain-pemain baru yang hadir seperti Pelita Air dan Super Air Jet yang makin agresif menambah rute penerbangan.

“Saya kira ini akan memberikan pilihan bagi masyarakat untuk memilih maskapai penerbangan dengan instrumen harga yang berbeda-beda, dan tentunya persaingan akan semakin ketat,” tutupnya.

Ia melihat prospek bisnis penerbangan mulai bangkit pada tahun ini. Terutama pemulihan penerbangan di sektor domestik.

Menurutnya, bisnis transportasi udara sebetulnya cukup memberikan peluang untuk optimistis di Indonesia. Seiring melandainya kasus Covid-19 serta kebijakan pembatasan yang mulai dilonggarkan.

“Namun kita perlu berhati-hati karena daya beli masyarakat masih cukup rendah sehingga keperluan bepergian naik pesawat bukan menjadi prioritas,” kata Alvin dilansir dari Kontan.co.id, Senin (25/4/2022).

Beberapa tantangan yang akan di hadapi lainnya yakni harga minyak dunia yang naik luar biasa. Menurutnya ini menyebabkan biaya operasi penerbangan naik hingga 15%.

“Di mana tentu berdampak pada harga tiket, sehingga dengan harga tiket yang naik ini akan berpengaruh pada daya beli yang lemah,” tutur dia.

Faktor ketiga yakni kekhawatiran pada pemulihan ekonomi yang belum pulih dari resesi. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat ekonomi Indonesia dapat melemah dengan faktor-faktor yang ada. (tr/Sumber:Kontan.co.id)