10 Hal Perlu Diperhatikan Ketika Akan Naik Pesawat, Jangan Sampai Malu-Maluin Ya!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 27/Apr/2022 05:53 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bagi sebagian orang yang sudah lama tak naik pesawat, mungkin saja lupa dengan beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum pergi menggunakan jasa maskapai penerbangan. 

Melansir Travel and Leisure, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum naik pesawat: 

Baca Juga:
Ketepatan Waktu Penerbangan Pelita Air di Periode Arus Balik Lebaran Tembus 95 Persen

1. Unduh dan gunakan aplikasi penerbangan 

Saat ini banyak aplikasi penerbangan yang dapat digunakan untuk mengetahui serta memastikan detail pemesanan dan melakukan pengecekan ulang. Gunakan aplikasi tersebut untuk memudahkan Anda. 

Baca Juga:
Dampak Erupsi Gunung Ruang dan Bandara Samratulangi Ditutup Sementara, 2 Penerbangan IAA Rute Kinabalu Dibatalkan

2. Periksa pesawat yang diinginkan 

Tempat duduk dan fasilitas yang ada dalam suatu pesawat dapat bervariasi. Setelah Anda memilih, lakukan pemeriksaan kembali dengan jenis pesawat apa yang telah Anda pilih serta peta kursi yang ada dalam pesawat tersebut. 

Baca Juga:
Selama Libur Lebaran, Indonesia AirAsia Angkut 310.000 Penumpang

3. Pilih tempat Anda duduk 

Pilih tempat duduk yang sesuai dengan keinginan Anda, apakah dekat jendela atau lorong. Ada baiknya untuk memeriksa peta kursi untuk memastikan tempat duduk tidak terlalu dekat dengan dapur atau toilet. 

4. Tetap terorganisir 

Simpan semua informasi Anda di satu tempat dengan menggunakan App In The Air atau TripIt, dua aplikasi ini yang melakukan hal-hal seperti mengkonsolidasikan status penerbangan, waktu check-in, nomor gerbang dan lokasi lounge terdekat. Aplikasi itu juga akan memperbarui Anda tentang jadwal dan perubahan gerbang. 

5. Periksa laporan real-time 

Aplikasi penerbangan biasanya terdapat pemberitahuan saat ada masalah. Gunakan FlightStats atau aplikasi serupa untuk melacak status penerbangan, kondisi cuaca dan bahkan riwayat penerbangan. Semuanya dapat dilakukan secara real-time sehingga apabila ada penundaan penerbangan, Anda dapat mengetahuinya lebih cepat. 

6. Ingat liquid lowdown 

Ingat, cairan apa pun yang Anda bawa melalui pos pemeriksaan harus sesuai dengan aturan penerbangan. Lembaga keamanan penerbangan Amerika Serikat atau TSA misalnya, menetapkan cairan yang dibawa harus kurang dari 3,4 ons (100 mililiter) dan ditempatkan dalam kantong tembus pandang yang tidak lebih besar dari satu liter. 

7. Kumpulkan gadget Anda 

Biasanya wisatawan membawa lebih banyak barang elektronik daripada sebelumnya. Untuk itu, lakukan pemeriksaan pada handphone, laptop, tablet, kamera, pengisi daya cadangan hingga kabel listrik. Ada banyak kotak organizer yang bisa digunakan untuk menyimpan semua perangkat dan kabel Anda dalam jangkauan dan siap untuk pemeriksaan keamanan. 

8. Tas yang dibawa 

Saat ini banyak maskapai penerbangan telah menerapkan batas ukuran yang ketat untuk tas jinjing. Periksa dimensi tas Anda di rumah dan pastikan untuk mematuhi batasan maskapai Anda. 

9. Membawa botol minuman sendiri 

Harga sebotol air di pesawat mahal dan lebih baik juga menghindari plastik sekali pakai dengan membawa botol air. Saat ini bahkan ada beberapa variasi termasuk botol air yang dapat dilipat sehingga menghemat ruang penyimpanan Anda. 

10. Atasi jet lag 

Mengalami jet lag saat terbang melintasi beberapa zona waktu, ada baiknya untuk menggunakan aplikasi Entrain atau Timeshifter sebelum Anda terbang. Keduanya aplikasi tersebut dapat membantu Anda secara bertahap mengubah jadwal pra-perjalanan pesawat ke zona waktu tujuan berdasarkan rencana dan preferensi spesifik Anda sehingga pada saat Anda terbang, Anda sudah mendahului jet lag. (fh/sumber:okezone)