Hai Pelaku Ekraf Jaksel, Ayo Turut Pulihkan Ekonomi

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 29/Apr/2022 09:28 WIB
Sandiaga bersama pelaku Ekraf Jaksel Sandiaga bersama pelaku Ekraf Jaksel


JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif yang berada di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) turut pulihkan dan bangkitkan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan peluang usaha.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga dalam acara “Kelana Ramadhan”, di Balai Sarwono, Joglo at Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga:
Industri Pariwisata Indonesia Peraih ASEAN Tourism Awards Diapresiasi Sandiaga

“Pelaku ekonomi kreatif harus menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja serta ikut dalam proses tatanan ekonomi baru kita yaitu bagian dari transisi kita menuju endemi,” ujar Menparekraf.

Karena dalam upaya pemulihan ekonomi kata dia, tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata saja, namun sektor ekonomi kreatif pun turut ambil bagian. 

Baca Juga:
Menparekraf Paparkan Realisasi Program dan Anggaran 2023 di Hadapan Komisi X DPR

Sebab 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh pelaku ekonomi kreatif (UMKM) dan menggerakkan hampir 65 persen dari ekonomi Indonesia. 

"Sementara, data dari Focus Economic Outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang lebih dari Rp1.100 triliun terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia,' ungkapnya.

Baca Juga:
Kemenparekraf Gelar Kenarok di Surabaya

Melihat begitu besar potensi ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf pun bergerak cepat menghadirkan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. 

Dengan semangat ramadhan berbagi, Kemenparekraf menghadirkan kegiatan “Kelana Ramadhan” guna menyosialisasikan program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022.

"Kita akan menyentuh lebih dari 35 kota kreatif yang kita dorong untuk mengembangkan salah satu subsektor ekonomi kreatif di kota tersebut," tutur dia. 

Dengan begitu harapannya ekonomi kreatif menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi.

Kemenparekraf jug terus menyiapkan SDM, produk oleh-oleh, ada posko mudik aman dan mudik sehat bekerjasama dengan TNI, Polri dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selama libur Ramadhan.

"Kita membuat travel plan untuk memecah Kepadatan lalu lintas menuju destinasi desa wisata yang ada di sepanjang jalur mudik, dan ini bisa menjadi rekreasi mudik untuk membuat mudik berbeda dengan sebelum-sebelumnya," kata Menparekraf.

Selain itu, “Kelana Ramadhan” ini menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk bertukar ide atau gagasan menarik agar produk-produk lokalnya bisa naik kelas. 

"Kelana Ramadhan ini menjadi satu harapan, kita bisa lihat antusiasme di Banda Aceh, di Jakarta, dan kita akan bergerak ke Solo, ini seperti safari Ramadhan tetapi ini bentuknya berbagi peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja," tutur dia 

Mengingat momentum libur lebaran pada 2022, Menparekraf memprediksi pergerakan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mencapai hingga Rp72 triliun. Maka pelaku ekonomi kreatif khususnya di Jakarta Selatan harus memanfaatkan momen ini dengan optimal.

“Tentunya dengan semangat ramadhan berbagi mereka (pelaku ekraf) tidak hanya berbagi gagasan tapi juga berbagi kiat-kiat berkaitan dengan pemasaran, pendampingan, dan pelatihan. Harapannya kesempatan bulan suci ramadhan ini dapat meningkatkan omzet mereka dengan kualitas yang lebih baik, sehingga kebangkitan ekonomi dapat terwujud,” ujarnya.

Dia menyampaikan, Kemenparekraf akan terus bekerjasama dengan Pemda, aparat keamanan, untuk memastikan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. (omy)