Penumpang Bludak dan Berebut Masuk Bus Primajasa di Terminal Bekasi, Begini Penjelasannya

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 29/Apr/2022 22:47 WIB
Pemudik mebludak dan berebut masuk bus Primajasa di Terminal Kota Bekasi, Jumat (29/4/2022) siang. Foto: ist. Pemudik mebludak dan berebut masuk bus Primajasa di Terminal Kota Bekasi, Jumat (29/4/2022) siang. Foto: ist.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Video unggahan dari akun Instagram @infobekasi, yang memperlihatkan membludaknya pemudik hingga berdesakan saat hendak masuk ke bus AKDP dari Perusahaan Otobus (PO) Primajasa terjadi Jumat (29/4/2022) sekitar pukul 11.00 siang.

BeritaTrans.com pun mencoba mengkorfimasi kejadian tersebut kepada Mulyadi selaku Koordinator bus Primajasa Perwakilan Terminal Bekasi. Mulyadi mengatakan, dari awal pagi hingga menjelang siang pemudik memang terbilang cukup ramai.

Baca Juga:
Arus Balik Mudik, One Way di Tol Semarang sampai Kalikangkung Diberlakukan

"Kejadian tadi siang diakibatkan armada yang harusnya sudah tiba di Terminal Bekasi banyak yang tersendat semua di Tol Jakarta-Cikampek yang mengarah ke Jakarta. Sampai bus yang berangkat dari berbagai Terminal di Jawa Barat, yang diberangkatkan jam 06.00 sore sampai Terminal Bekasi sekitar jam 12.00 siang. Tadi siang mayoritas penumpang ke Cikijing yang membludak," jelas Mulyadi kepada BeritaTrans.com di Terminal Bekasi, Jumat (29/4/2022) malam.

Mulyadi, Koodinator pengurus bus Primajasa perwakilan Terminal Kota Bekasi. Foto: BeritaTrans.com.

Baca Juga:
Penerapan Sistem One Way Arus Mudik di Tol Trans Jawa Diperpanjang

Lanjut dia, untuk mengatasi kejadian tersebut pada Jumat siang tadi, agar penumpang tidak terbengkalai maupun terlantar langsung mengerahkan bus bantuan.

"Agar penumpang tidak terlantar, kami bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi langsung menyiapkan bus bantuan dari pariwisata yang kami arahkan ke beberapa rute, salah satunya ke Cikijing, Tasik, Kuningan, Sindang Laut dan Garut. Alhamdulillah semua penumpang bisa terangkut. Tapi adalah sekitar dua jam mereka sempat menunggu kedatangan armada bus bantuan. Karena kebetulan arah ke Terminal Bekasi juga agak macet," lanjutnya.

Baca Juga:
Puncak Arus Kendaraan di Tol Sumut Diperkirakan Tejadi H-3 Lebaran

Bus bantuan dari Primajasa sendiri langsung dikerahkan dari berbagai rute yang diperbantukan.

"Dari Primajasa ada 10 unit bus untuk perbantuan tadi siang, dari pool Cikarang, seperti Cikarang-Bandung, Jababeka-Bandung, kami oper alihkan ke Terminal Bekasi untuk mengangkut penumpang-penumpang," tambah Mulyadi.

Sementara, untuk mengantisipasi kejadian tersebut tidak terjadi lagi, "kami dari malam persiapkan unit tambahan yang sudah disiagakan pada malam ini. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik lagi pada besok hari," tutupnya. (Dan)